June 17, 2024

Peringati HPSN Tahun 2019, Seluruh Posal/Posmat Jajaran Lanal Babel Gelar Bersih-Bersih Pantai

Pena7.com, Bangka Belitung– Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2019 dan meningkatkan Sinergitas TNI-POLRI, Pemerintah Daerah dan masyarakat, Lanal Bangka Belitung melalui Posal dan Posmat di bawah jajarannya melaksanakan kegiatan bersih-bersih pantai dan mengumpulkan sampah-sampah yang ada disepanjang pantai dan pelabuhan, Kamis (21/2).

Dari keterangan tertulisnya Dispen Armada I menyampaikan bahwa Pelaksanaan gerakan “Pungut Sampah“ ini merupakan bentuk partisipasi dan kepedulian Lanal Bangka Belitung beserta masyarakat terhadap lingkungan, terutama daerah pesisir pantai/pelabuhan.

Disampaikannya, kegiatan ini dilaksanakan secara serentak diseluruh wilayah kerja Lanal Bangka Belitung diantaranya Posal Pangkal Balam melaksanakan bersih sampah di Tempat Pelelangan Ikan, Posmat Sadai melaksanakan bersih sampah di Pantai Tanjung Ru, Posal Muntok melaksanakan bersih sampah di Pantai Tanjung Kalian, Posmat Sungai Liat dan Patkamla Menubing melaksanakan bersih sampah di Pantai Matras, Posmat Belinyu melaksanakan bersih sampah di Pantai Lepar, dan Posmat Sungai Selan melaksanakan bersih sampah di Gedung Serbaguna Sungai Selan.

Lanjutnya, sampah yang telah dikumpulkan dan dipilah sesuai dengan jenisnya, serta memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang sampah yang bisa didaur ulang dan yang bisa dikelola untuk menghasilkan uang.

Kegiatan Pungut Sampah serentak ini menjadi salah satu bukti bahwa kita tengah menghadapi kondisi “Darurat Sampah” baik lingkungan masyarakat, sungai-sungai serta wilayah pesisir pantai/pelabuhan yang berada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Diharapkan kegiatan “Pungut Sampah” ini bisa dilaksanakan secara rutin dengan didasari kesadaran masyarakat, terhadap dampak sampah bagi lingkungan hidup dan biota laut.

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *