June 17, 2024

Komunitas bermanfaat bagi Masyarakat, Setara, Bebas Nilai dan Politik

Pena7.com, Bandung – Agar dapat bermanfaat bagi masyarakat, maka setiap komunitas harus mengedepankan prinsip kesetaran, bebas nilai dan terbebas dari dunia politik. Hal tersebut disampaikan Dankodiklatad, Letjen TNI AM. Putranto, S.Sos dalam rilis tertulisnya di Bandung, Senin (25/2/2019).

Dalam acara yang bertajuk “Milangkala Selawe Taun Land Rover Club Bandung (LRCB)” Letjen AM. Putranto mengatakan bahwa seringkali komunitas hanya sebagai tempat penyalur hobi belaka, sehingga terkadang timbul persepsi kurang baik di mata masyarakat.

“Pemahaman ini harus dirubah menjadi hal yang baik, karena itu komunitas sebagai wadah perkumpulan harus bermanfaat bagi masyarakat,”ungkapnya.

“Untuk itu dalam melaksanakan kegiatan seperti ini, jangan melihat pangkat dan jabatan, junjung tinggi kesetaraan, beban nilai dan bebas dari dunia Politik,” tegasnya.

Selain itu, untuk membangun iklim internal komunitas dan juga persepsi umum yang sehat dan baik, Dankodiklat juga mengingatkan agar komunitas tidak menggunakan obat-obatan terlarang seperti Narkoba.

“Juga setiap komunitas agar bebas dari paham radikalisme dan bahaya laten komunis serta tetap menjaga keutuhan NKRI,” pesan Ketua Dewan Pembina IOF, yang juga Dewan Pelindung di beberapa komunitas roda 4 dan roda 2 ini.

Sementara itu Wakil Ketua Umum LRCB, Nugraha Indra Kusumah yang akrab dipanggil Nugi menyatakan bahwa sebanyak 368 unit mobil Land Rover mengikuti acara ini yang dilaksanakan mulai dari hari Jumat, (22/2/2019) dan diakhiri pada hari Minggu, (24/2/2019).

“Saya ucapkan terimakasih atas kehadiran Dankodiklatad bersama rombongan, karena turut memeriahkan kegiatan komunitas LRCB.,’’ungkapnya.

Karena selalu diakhiri dengan pesan moral, membentangkan bendera merah putih dan menyanyikan lagu Bagimu Negeri, Nugi mengakui bahwa setiap acara yang dihadiri oleh Letjen TNI A.M. Putratanto selalu berkesan dan mengingatkan kepada semua yang hadir untuk menjaga rasa nasionalisme.

“Saya berharap semua unsur baik pejabat maupun komunitas bisa bersinergi bersama dalam kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat seperti bakti sosial dan perbantuan mengatasi bencana alam,’’pungkasnya.  (Pen Kodiklatad)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *