July 21, 2024

Pemuda Kampung Cilandung Pertahankan Kearifan Lokal

Pena7.com, Serang- Pemuda Kampung Cilandung, Desa Sujung, Kecamatan Tirtayasa, Serang-Banten, istiqomah menggelar pengajian mingguan untuk menjaga kearifan lokal di Kampung Cilandung.

Pengajian tersebut di lakukan di mushollah Ainul Yakin dan Musholla Nurul Jannah, Kampung Cilandung, setiap Sabtu malam.

Selain itu, kegiatan tersebut bertujuan untuk memfasilitasi masyarakat kampung Cilandung belajar ilmu agama dari pemuka agama, mempertahankan kearifan lokal, dan membangkitkan semangat pemuda sekitar untuk ikut andil dalam kegiatan yang berbasis keagamaan.

Mahroja, salah satu penggerak pemuda Kampung Cilandung mengatakan, kegiatan pengajian mingguan ini sudah di lakukan selama Lima tahun. Walaupun banyak halangan seperti masalah dana dan perangkat sound sistem yang sangat terbatas, tapi kegiatan pengajian tersebut tetap berjalan lancar.

“Alhamdulillah pengajian berjalan lancar kurun waktu lima tahun. Walau terkadang banyak halangan dan silang pendapat, baik halangan dari pihak intern, kekompakan dari pemuda, pencarian dana dan masalah persiapan ketika mau pengajian,”ujar Mahroja kepada pena7, Minggu (03/03).

Dikatakannya, niatan ke depan mau beli sound yang lebih baik, sound khusus pengajian biar tidak bolak balik mempersiapkan dari mushola 1 ke mushola lainnya.

Mahroja juga berharap, semoga para pemuda Kampung Cilandung lebih kompak lagi. Bisa memberi gagasan yang bermanfaat untuk masyarakat Kampung Cilandung. Kita juga harapkan ada regenerasi yang lebih baik untuk melanjutkan kearifan lokal di Kampung Cilandung.

“Harapan buat semua masyarakat dan pemuda khususnya, mudah-mudahan lebih kompak lagi dan selalu andil dalam setiap kegiatan. Bahkan harus jadi garda terdepan. Berikan ide dan gagasan untuk kepentingan orang banyak, dan semoga kedepannya ada regenerasi kita, estafet kepemudaan yg lebih baik dari pemuda sekarang,”harapnya Mahroja.  (Aray)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *