July 21, 2024

Danlanal Cirebon Pimpin Upacara Tradisi Kemaritiman Mandi Laut Taruna Muda AKMI Suaka Bahari Cirebon

Pena7.com, Cirebon– Komandan Lanal Cirebon Letkol Marinir Yustinus R., M.Tr.Hanla., M.Tr (Han) bertindak sebagai Inspektur Upacara Tradisi Mandi Laut para Taruna dan Taruni Muda AKMI Suaka Bahari Cirebon di Pantai Kejawanan Kota Cirebon, Sabtu lalu (2/3).

Kegiatan yang diikuti oleh 231 Taruna dan Taruni Muda dan 56 orang Staf Batalyon AKMI Suaka Bahari ini diawali dengan melaksanakan Limed dari Kampus AKMI Ciperna menuju Pantai Kejawanan dalam rangka Pengukuhan Batalyon Taruna Prawira Sagara dan Peresmian Seragam PDL Taruna AKMI Suaka Bahari Cirebon sekaligus untuk mengenalkan tradisi kemaritiman, salah satunya adalah Mandi Laut kepada para Taruna dan Taruni Pelaut AKMI Suaka Bahari Cirebon guna memupuk jiwa cinta bahari karena Negara Indonesia adalah Negara Kemaritman dan Negara Kepulauan.

Dalam sambutannya, Komandan Lanal Cirebon berpesan kepada para Taruna dan Taruni Muda AKMI Suaka Bahari Cirebon agar selalu menggali ilmu sebanyak-banyaknya untuk bekal didalam menjawab tantangan di masa depan.

Dikatakannya, untuk selalu berpegang teguh pada jati diri bangsa Indonesia yaitu Pancasila dan UUD 1945 agar kelangsungan berbangsa dan bernegara tetap terjaga keutuhannya yaitu Negara Kesatuan Republik Indonesia. Selalu bermawas diri pada budaya asing yang belum tentu cocok dengan kepribadian bangsa Indonesia.

Diakhir sambutannya Komandan Lanal Cirebon berpesan agar para Taruna dan Taruni mempersiapkan mulai dari sekarang agar kelak bisa diandalkan dalam estafet tongkat kepemimpinan dari generasi ke generasi yang dibanggakan dan menjadi kader-kader pemimpin yang berkualitas dimasa yang akan datang, serta selalu membentengi diri dengan iman dan agama agar mampu menjauhi hal-hal negatif seperti narkoba, miras dan juga pergaulan sex bebas.

Hadir pada upacara tersebut diantaranya Direktur AKMI Suaka Bahari Asep Rahmat, S.H., MM, Pjs. Palaksa Lanal Cirebon Mayor Laut (KH) Agus Satriyo, Pudir III AKMI Suaka Bahari Eri Lesmana, PPN Kejawanan Topan, Anggota Pomal, Anggota Pos Keamanan Terpadu Kejawanan, Anggota Balai Pengobatan dan Sintel Lanal Cirebon, serta Pembina dan Pembimbing dari Lanal Cirebon.

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *