July 25, 2024

Pasis Dikreg Seskoal Angkatan ke-57 Ikuti Pelatihan Analisis SPSS dari ITB

Pena7.com — Sebanyak 150 Perwira Mahasiswa (Pasis) Pendidikan Reguler (Dikreg) Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal) Angkatan ke-57 TA. 2019 mengikuti pelatihan Analisis Pengolahan Data Statistical Product and Service Solution (SPSS) dari Institut Teknologi Bandung (ITB), dilaksanakan di Kelas A Gedung R.E. Martadinata Seskoal, Cipulir, Jakarta Selatan, Sabtu lalu (16/03).

Penerangan Seskoal dalam pernyataan tertulisnya kepada awak media, menyampaikan bahwa pelatihan analisis dengan menggunakan software SPSS versi 25  ini diberikan langsung oleh dosen ITB yaitu  Novianto Budi Kurniawan, S.ST., M.T dan Yudhi Biantoro, S.Kom., M.TI., dengan materi Konsep Dasar Statistik; Pengukuran (Data, Variabel); Pengelolaan Data, Pengumpulan dan Penyajian Data; Distribusi Data (Statistik Deskriptif); Uji Normalitas dan Linearitas ; Ukuran Tendensi Sentral dan Ukuran Penyebaran ; Analisis Rata-Rata Hitung (Uji t) ; Pengujian Rata-Rata Hitung ; Analisis Regresi ; Analisis Korelasi ; Pengujian Korelasi ; Analisis Chi Square ; Pengujian Chi Square ; Analisis ANOVA ; Pengujian ANOVA ; Uji Validitas dan Realibilitas.

Usai pemberian materi  para Pasis mempraktekan  dengan menggunakan data yang disediakan meliputi ukuran,distribusi, gambar/grafik dan uji statistik.

Dikatakannya, tujuan pelatihan ini dilaksanakan untuk membantu para Pasis dalam pengolahan data dan penyusunan tesis, sehingga nantinya akan memperoleh hasil analisis yang tepat dan dapat dipertanggungjawabkan.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri para Dosen dan Perwira Penuntun (Patun) Seskoal.

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *