December 2, 2022

RR Berharap Pemerintahan Kedepan Menerapkan Kebijakan Ekonomi Afirmatif Bagi Bumiputera

Pena7.com, Jakarta – Ekonom Senior Rizal Ramli mengatakan pertumbuhan ekonomi yang baik harus berazaskan demokrasi dan berkeadilan.

Oleh karenanya kata RR pemerintahan hasil pemilu 17 April 2019 mendatang harus menerapkan kebijakan ekonomi afirmatif bagi bumiputera.

Pasalnya kata RR langkah tersebut merupakan solusi dalam mengakselerasi pemerataan ekonomi dalam upaya penguatan fondasi perekonomian nasional mengingat sumbangsih ekonomi bumiputera terhadap PDB mencapai 60 %.

“Harus ada kebijakan afirmatif untuk bumiputera, karena bumiputera ketinggalan banget dalam banyak hal,” jelas Ketua Dewan Pembina Asprindo ini dalam Diskusi Forum Tebet di Jakarta, Jum’at (29/3).

Lanjutnya, hasil rumusan kebijakan ekonomi afirmatif itu sejatinya dapat meningkatkan peran bumiputera secara bertahap sehingga dapat diterima oleh semua pihak.

“Kita nanti akan rumuskan kebijakan ekonomi yang smart yang bisa diterima semua untuk meningkatkan peranan bumi putera secara bertahap,’ ujarnya lagi.

Lanjut RR kebijakan afirmatif untuk bumiputera itu meliputi kebijakan dalam kesempatan usaha, bisnis maupun kredit.

“ Untuk kredit misalnya, dalam lima tahun kedepan, 50 % dapat dinikmati oleh bumiputera tidak seperti saat ini 83 % kredit perbankan dinikmati oleh kelompok besar yang notabene bukan bumiputera,” jelas RR. (Red)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *