December 11, 2023

Kapendam XII/Tpr : TMMD ke-104 Berhasil Bangkitkan Semangat Gotong Royong Warga Untuk Membangun Wilayah

Pena7.com, Kubu Raya – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-104 yang dilaksanakan oleh Kodam XII/Tanjungpura di tiga wilayah jajaran sukses digelar. Hal ini dikatakan Kepala Penerangan Kodam XII/Tanjungpura, Kolonel Inf Aulia Fahmi Dalimunthe, S.Sos., saat memberikan keterangan pada awak media di Kantor Pendam XII/Tpr, Jalan Arteri Alianyang, Sungai Raya, Kubu Raya,Jum’at (29/3).

TMMD ke-104 digelar Kodam XII/Tpr di tiga Kodim jajaran antara lain di Kodim 1201/Mph, Kodim 1204/Sgu dan Kodim 1016/Plk. Dalam pelaksanaanya seluruh Satgas TMMD di masing-masing Kodim telah berhasil menyelesaikan seluruh pekerjaan, seluruhnya mencapai 100 persen. “Baik pembangunan sasaran fisik maupun non fisik kesemuanya berhasil diselesaikan dengan baik oleh Satgas TMMD Kodam XII/Tpr dan secara resmi telah ditutup pada hari Selasa 27 Maret kemarin,”kata Kapendam XII/Tpr.

Satgas TMMD Kodim 1201/Mph yang melaksanakan TMMD di Desa Sekais, Kecamatan Jelimpo, Kab. Landak telah berhasil melaksanakan pembangunan fisik berupa perehapan jalan sepanjang 7,8 Km dengan lebar 6 meter, serta pembuatan jembatan sebanyak 16 unit.

Juga Satgas TMMD Kodim 1204/Sgu juga berhasil melaksanakan peningkatan pembangunan secara fisik berupa perbaikan badan jalan sepanjang 19,6 Km dengan lebar 6 meter serta pembuatan 2 unit jembatan kayu ukuran 4×4 meter dan 4×12 meter dan perbaikan 1 unit jembatan kayu. Sedangkan Satgas TMMD Kodim 1016/Plk telah berhasil melaksanakan pembangunan fisik berupa pembuatan jalan sepanjang 5,250 Meter, pembuatan jembatan 3 unit, serta berhasil melaksanakan perehapan masjid dan gereja. Selain itu Satgas TMMD telah berhasil melaksanakan pembangunan non fisik dengan melaksanakan berbagai kegiatan positif dan penyuluhan pada masyarakat di lokasi TMMD.

“TMMD juga telah berhasil membuka daerah-daerah yang selama ini terisolir salah satunya adalah Dusun Raba Bayur, Desa Sekais,” terang Kapendam XII/Tpr.

Dikatakan juga oleh Kapendam XII/Tpr, Kolonel Aulia Fahmi Dalimunthe, S.Sos., bahwa keberhasilan Satgas TMMD ke-104 Kodam XII/Tpr tidak terlepas dari adanya dukungan dan peran serta dari masyarakat. Satgas TMMD dan masyarakat bahu membahu melaksanakan setiap pekerjaan. TMMD merupakan implementasi dari budaya gotong-royong yang menjadi ciri khas Bangsa Indonesia.

“TMMD berhasil membangkitkan semangat masyarakat untuk melaksanakan kegiatan gotong royong bersama dalam rangka percepatan pembangunan di wilayahnya serta berhasil mengkokohkan kemanunggalan TNI dan Rakyat,” tutur Kapendam XII/Tpr.

Keberhasilan dari pelaksanaan TMMD ke-104 yang digelar oleh Kodam XII/Tpr mendapat apresiasi yang sangat luar biasa oleh masyarakat. Seperti yang diungkapkan oleh Ketua BPD Sekais, mereka sangat berterima kasih atas pelaksanaan TMMD di desanya. Dengan dilaksanakannya kegiatan TMMD, telah membantu memperlancar transportasi masyarakat Sekais untuk menjual hasil bumi mereka ke pasar. Selain itu juga Kumen berharap kegiatan TMMD tersebut kedepannya dapat dilaksanakan lagi di wilayahnya. “Mewakili warga Sekais kami berharap program TMMD dapat dilaksanakan di desa kami lagi,” harap Kumen, Ketua BPD Sekais.

Apresiasi juga diberikan oleh pengurus masjid At Taqwa, Desa Tanjung Bunga Bapak Suhedi, juga sangat berterimakasih atas pelaksanaan TMMD, selain berhasil melaksanakan pembangunan infrastruktur, TMMD juga telah berhasil membangun mental spiritual dan rohaniah anak-anak desa Tanjung Bunga melalui kegiatan belajar mengaji yang di lakukan oleh Satgas TMMD.

”Terimakasih untuk Satgas TMMD yang telah membantu mengajar mengaji pada anak-anak Tanjung Bunga, anak-anak merupakan calon pemimpin bangsa selain pendidikan formal mereka juga harus dibekali pendidikan agama,” kata Suhedi (Pendam XII/Tpr)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *