July 25, 2024

Satgas 741/GN Door to Door Jemput Pasien dan Perbaiki Instalasi Listrik

Pena7.com – Wujud kepedulian terhadap warga ditengah tugas pengamanan perbatasan, Satgas Yonmek 741/GN melaksanakan program pelayanan door to door , khususnya untuk bantuan pelayanan kesehatan maupun membantu warga mencegah kebakaran melalui perbaikan instalasi listrik di di Kelurahan Eban, Kecamatan Miomaffo Barat.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonif 741/GN, Mayor Inf Hendra Saputra S.Sos., M.M., M.I.Pol., dalam rilis tertulisnya, di TTU, Nusa Tenggara Timur, Senin, (8/4/2019).

Dikatakan Dansatgas bahwa kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk kepedulian Satgas terhadap ketidakmampuan warga untuk membiayai pengobatan serta sulitnya menjangkau puskesmas atau tempat berobat lainnya.

“Melihat kondisi tersebut, kami (Satgas) melalui Pleton Kesehatan (Ton Kes) memberikan pelayanan kesehatan door to door kepada warga yang membutuhkan,’’ujarnya.

Menurut Hendra setiap dua minggu sekali mereka mendatangi rumah warga yang sakit terutama bagi warga yang sudah lanjut usia, dengan membawa peralatan medik dan obat-obatan, pasien langsung dapat diobati.

“Setelah dilakukan pengecekan dan diobati, pasien juga dapat berkonsultasi terkait penyakit yang dideritanya,’’terangnya.

“Seperti kita lakukan kepada Anunut (53) yang mengeluhkan nyeri pada dada dan memiliki tensi yang tinggi serta cucunya Jona yang menderita alergi gatal pada kulit tubuh,’’ tambahnya.

Lebih lanjut dikatakannya selain Ton Kes, Peleton Komunikasi (Ton Kom) yang dipimpin langsung Danton Kom Letda Chb Sutrisno juga berperan aktif memberikan bantuan pelayanan kepada masyarakat berupa pembenahan instalasi jaringan listrik.

“Banyak kita temukan rumah warga yang instalasi listriknya tidak tertata dengan baik, hal itu rawan dan dapat menyebabkan kebakaran, ’’imbuhnya.

‘’Oleh karenanya, selaian perbaikan instalasi juga kita berikan pengetahuan praktis tentang instalasi kelistrikan, sebagai bentuk pencegahan dari bahaya kebakaran,’’ lanjutnya.

Hendra memahami jika wargas disekitar perbatasan RI-RDTL tersebut masih banyak warga yang memiliki keterbatasan, oleh karena itu dirinya selalu menghimbau kepada anggota Satgas untuk selalu mendengar, menampung serta membantu segala bentuk permasalahan yang dialami warga disekitarnya.

“Dengan segala kemampuan teknis yang telah dibekali saat pratugas, anggota Satgas diharapkan dapat membantu warga,”pungkasnya.  (Dispenad)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *