June 14, 2024

Basarnas Gelar Rapat Forum Koordinasi Potensi Pencarian dan Pertolongan

Pena7.com, Jakarta – Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan menyelenggarakan rapat forum koordinasi Potensi Pencarian dan Pertolongan bersama dengan potensi SAR bertempat di Ruang Serbaguna It. 15 Gedung Badan SAR Nasional, Kemayoran -Jakarta Pusat, Rabu (10/04).

Dalam acara tersebut tema yang diusung adalah, “Dengan Pola Pembinaan Yang Terarah Dan Terukur Kita Ciptakan Potensi Pencarian Dan Pertolongan Yang Beretika Dan Bertanggung Jawab Dalam Melaksanakan Tugas Kemanusian”.

Adapun tujuan kegiatan tersebut adalah melaksanakan fungsi pembinaan melalui pengendalian dengan menyelenggarakan wadah komunikasi dan koordinasi bagi seluruh Potensi Pencarian dan Pertolongan dan bertujuan diantaranya; Pertama, Mengendalikan Potensi Pencarian dan Pertolongan dengan menyusun dan merumuskan kode etlk Potensi Pencarian dan Pertolongan guna membentuk Potensi Pencarian dan  Pertolongan yang berkarakter, Kedua, Penyampaian dan pertukaran informasl, melakukan sinkronisasi dan evaluasi melalui pembinaan Potensi Pencarian dan Pertolongan dan Ketiga, Mensosialisasikan peraturan-peraturan yang berkaitan dengan pengerahan Potensi Pencarian dan Pertolongan dalam pelaksanaan Operasi Pencarian dan Pertolongan.

Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan, Marsekal Madya TNI Bagus Puruhito membuka secara langsung kegiatan rapat forum koordinasi tersebut,

Pada kesempatan itu Marsekal Madya TNI Bagus dalam sambutannya menyampaikan bahwa Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan sebagai Leading Sector Bidang SAR di tanah air tidaklah mungkin bekerja sendirian.

Dikatakannya, sumber daya manusia dan sarana prasarana yang dimiliki saat ini tidaklah sebanding dengan covered area wilayah tanah air yang begitu luas dengan kuantitas penduduk yang jumlahnya tidak sedikit. Karena itulah keberadaan dan kapabilitas potensi ( SAR) menjadi point yang cukup krusial daiam mempersingkat Response Time pada pelaksanaan operasi SAR yang semakin kompleks.

“Dengan adanya tuntutan tersebut, kata kunci adalah Sinergitas  antara Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan dan Potensi SAR. Sehingga saya mengharapkan dengan adanya forum ini, sebagai wadah untuk koordinasi, komunikasi yang intensif dan konsolidasi yang baik dapat terjalin. Sehingga tidak ada iagi jarak maupun egosentral antara kedua belah Pihak, Goalnya hanya dapat memberikan pelayanan SAR terbaik untuk seluruh warga negara Indonesia dan masyarakat di seluruh pelosok wilayah tanah air,”tutup Bagus.

Dalam kegiatan tersebut diikuti oleh 100 orang peserta yang terdiri dari Kementerian / Lembaga, TNI / Polri, Organisasi Pemerintah, Tim Kelompok Kerja FKP3 tingkat Pusat yang berjumlah 26 Orang dan 21 orang pejabat eselon 3 dan 4 dilingkungan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan. (Red)

 

 

 

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *