May 27, 2024

Danramil 0405/Pedes Kawal Langsung Kotak Suara Pemilu 2019

Pena7.com, Karawang – Komandan Koramil (Danramil) 0405 Pedes , Kapten Inf Yasin di Kecamatan Pedes mengawal guna memastikan keamanan kotak suara Pemilu 2019. Proses penghitungan suara Pilpres dan Pileg di tingkat TPS (Tempat Pemungutan Suara) telah selesai dilakukan sejak Rabu 17 April kemarin hingga hari Sabtu (20/4/2019).

Kotak suara dan form C1 hasil rekapitulasi pencoblosan mulai dikirimkan ke tingkat PPS (panitia pemungutan suara) di kelurahan hingga PPK (Panitia Pemungutan Kecamatan) di Kecamatan.

Pengamanan pun tetap dilakukan oleh aparat TNI. Seperti yang dilakukan langsung oleh Kapten Yasin dengan mengawal dan memastikan proses pergeseran kotak suara dari TPS ke PPS hingga tiba di PPK.

Perwira pertama dengan pangkat Kapten itu seakan tak kenal lelah. Pria yang juga menjabat Komandan Koramil Pedes itu terus berupaya memastikan hasil pemungutan suara di wilayahnya tetap aman hingga diserahkan pada pihak KPU (Komisi Pemilihan Umum) Kabupaten Karawang.

“Seluruh personel baik dari TNI maupun Polri sudah kami koordinasikan untuk pengamanan pasca Pemilu kemarin. Hari ini, saya juga terus memantau secara langsung proses penyerahan kotak suara dan seluruh hasil coblosan,” ujar Kapten Yasin, Sabtu (20/04/2019).

Hal itu dilakukannya guna memastikan hasil dari aspirasi masyarakat usai menggunakan hak suaranya tetap aman. “Kami hanya antisipasi saja, jangan sampai ada pihak yang mengacaukan hasil Pemilu. Alhamdulillah, semua berjalan dengan lancar dan suasana kondusif,”ucapnya.

Dalam upaya pengamanan pasca Pemilu itu, ia tak hanya melakukan pemantauan di wilayah Kecamatan Pedes saja.”Tidak hanya di Kecamatan Pedes saja kami juga pantau di Kecamatan Cibuaya dan Cilebar karena juga masih bagian dari wilayah kami di Koramil Pedes,” jelasnya.

Pengamanan itu, lanjut dia, merupakan perintah langsung dari Dandim 0604 Karawang Letkol Inf Endang Sumardi, S. Sos yang diamanahkan juga padanya bersama dengan prajuritnya. “Kami tetap lakukan pengawalan dan pengamanan ini sampai siaga pengamanan Pilpres dan Pileg ini berakhir,” tegasnya.

Proses pengawalan dan pemantauan itu tak dilakukannya sendiri. kapten Yasin juga tetap berkoordinasi dan komunikasi pula dengan instansi lain yang memiliki kewenangan yang sama. “Kami juga dibantu dari pihak Muspika, juga bersama dengan Panwaslu serta Linmas. Dengan sinergitas yang baik ini, maka upaya yang kami lakukan terasa lebih mudah,” pungkasnya. (Her)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *