July 19, 2024

Tanggul Kali Cikumpeni Jebol, Banjir Bandang Landa Desa Cintalaksana Karawang

Pena7.com, Karawang – Hujan lebat yang melanda di Kabupaten Karawang yang berlangsung kurang lebih 2 jam mengakibatkan tanggul Kali Cikumpeni yang berlokasi di Desa Cintalaksana, Kecamatan Tegalwaru, pada Jum’at (26/4) sekitar Pukul 18.30 Wib tak mampu menahan debit air sehingga jebol.

Tanggul Kali Cikumpeni mengalami jebol sepanjang kurang lebih 10 meter dan mengakibatkan banjir bandang yang menimbulkan kerusakan terhadap rumah dan bangunan serta lahan milik warga.

Bahkan 1 unit mobil dan 6 unit motor juga tidak luput dari terjangan banjir, namun tidak ada korban jiwa dalam bencana alam ini.

Kali Cikumpeni sendiri teraliri dari 3 sumber kali yaitu, Kali Cibonteng, Kali Pojokloa dan Kali Cigentis. Akibat tanggul yang jebol mengakibatkan air tumpah ke jalan sehingga air yang keluar dari Kali Cikumpeni langsung menuju ke jalan raya.

Sementara itu tampak di lokasi, Danramil 0410 Pangkalan, Kodim 0604/Karawang, Kapten Caj Andri Oktrianto beserta Babinsa sedang melakukan pengecekan di lokasi serta membantu warga mengevakuasi barang-barang yang bisa diselamatkan.

Dalam keterangannya, Danramil 0410 Pangkalan, Kapten Caj Andri Oktrianto menjelaskan, “Begitu mengetahui ada banjir saya langsung menuju ke lokasi dan berkordinasi dengan aparat Desa untuk melakukan penutupan tanggul dengan menggunakan alat berat beko, agar banjir tidak semakin parah,”ungkapnya.

Ditambahkan Danramil, “Selain itu, saya juga menginstruksikan kepada Anggota dan Babinsa untuk membantu warga membersihkan rumah yang terkena dampak banjir, lalu kami pun bersama-sama melakukan penutupan tanggul demi meminimalisir dampak yang lebih besar,” jelasnya. (Her)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *