May 20, 2024

Seskoal Dapatkan Ilmu Fungsi Coast Guard di Indonesia dari Kabakamla RI

Pena7.com – Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal) laksanakan kuliah umum dengan menghadirkan narasumber Kepala Badan Keamanan Laut (Kabakamla) RI Laksamana Madya Bakamla A. Taufiq. R dengan materi “Kompleksitas Tugas Badan Keamanan Laut Dalam Mengemban Fungsi Coast Guard di Indonesia”, bertempat di Kelas Gabungan Gedung Samadikun Seskoal, Cipulir, Jakarta Selatan, Jumat lalu (17/5).

Kuliah umum yang dihadiri Komandan Seskoal Laksamana Muda TNI Dr. Amarulla Octavian, S.T., M.Sc.,D.E.S.D., Pangkoarmada III Laksamana Muda TNI I.N.G. Ariawan, S.E., M.M., Wadan Seskoal Laksamana Pertama TNI Tatit Eko W, S.E., M.Tr (Han) serta para pejabat Seskoal, juga diikuti seluruh anggota Seskoal, Perwira Mahasiswa Dikreg Seskoal Angkatan ke-57, Perwira Siswa Susjemenstra TNI AL Angkatan ke-14 TP 2019 dan perwakilan mahasiswa program Seat In dari berbagai Universitas di Jakarta.

Pada kegiatan yang diawali foto bersama ini, Komandan Seskoal memberikan sambutan sebagai pengantar berlangsungnya Kuliah Umum dengan mengucapkan terimakasih kepada Kepala Bakamla RI Laksamana Madya Bakamla A. Taufiq. R yang telah meluangkan waktu untuk memberikan kuliah umum di Seskoal.

Sementara itu, penjelasan tentang aspek karakteristik Wilayah NKRI mengawali kuliah umum Kabakamla disusul dengan penjelasan lainnya tentang Regulasi Penegakan Hukum di Laut Indonesia, Coast Guard of Indonesia, dan Strategi Maritim Indonesia serta Leadership.

Lebih lanjut dikatakan bahwa untuk mencapai kemampuan Coast Guard di Indonesia tentunya tidak lepas dari pengaruh kepemimpinan (Leadership). Ada beberapa nilai yang harus dimiliki oleh seorang Komandan antara lain harus memiliki kualitas yang meliputi kecerdasan, bahwasannya seorang Komandan yang berhasil selalu belajar mengenai profesinya, kemudian memiliki keberanian dalam artian harus memiliki kemampuan fisik sehingga mampu memimpin didepan dengan keteladanan dan memiliki moral berupa kejujuran.  Selain itu kualitas komandan dinilai dari keteguhan dimana keteguhan adalah produk dari kecerdasan dan keberanian.

Kuliah umum dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan diakhiri dengan pemberian cinderamata yang diberikan oleh Komandan Seskoal. (Red)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *