July 19, 2024

Satgas Citarum Harum Sektor 19 Bersih-Bersih Sampah

Pena7.com, Karawang – Satgas Citarum Harum Sektor 19 Sub Sektor Pancawati dan Dawuan menggelar giat bersih-bersih sampah di saluran irigasi sekunder Dusun Babakan Bogor, Rt 080/009, Desa Duren, Kecamatan Klari, Kabupaten Karawang, Minggu (26/5/2019).

Komandan Kompi (Danki) Satgas Citarum Harum, Kapten Wawan Triyuana langsung memimpin giat ini mengungkapkan, pembersihan saluran irigasi sekunder dilakukan untuk kelancaran arus air agar tidak terhambat oleh sampah.

“Tujuannya kami bersih-bersih sampah supaya air bisa lancar mengalir ke sawah-sawah petani,” jelasnya.

Setelah sampah-sampah tersebut diangkat dari saluran irigasi, selanjutnya Satgas Citarum Harum memindahkan sampah tersebut ke TPS terdekat.

Diungkapkan Kapten Wawan, dalam giat ini diterjunkan 45 personil yang terdiri dari unsur TNI 11 orang, masyarakat 15 orang, Petugas PJT 14 orang.

Kegiatan serupa pada hari yang sama juga dilakukan oleh Subsektor Tanjung Mekar, Kecamatan Karawang Barat, Kabupaten Karawang Sektor 19 Satgas Citarum Harum yang melaksanakan pembersihan di bantaran dan tanggul sungai bersama masyarakat RT 006/002 Kampung Upas Buniaga, Kelurahan Tanjung Mekar, Kecamatan Karawang Barat yang dipimpin oleh Komandan Kompi (Danki) Kapten Inf Kusnen.

Dijelaskan Kapten Inf Kusnen, “Kerja bakti di bantaran dan tanggul Sungai Citarum dikerjakan Satgas Citarum Harum yang terdiri dari 6 orang anggota TNI dan 17 orang masyarakat. Fokus dalam giat ini adalah pembersihan tanaman liar di bantaran dan tanggul Sungai Citarum karena berpotensi dapat mengganggu arus air saat musim hujan tiba,” jelasnya.

Ditambahkan, “Dalam pelaksanaan pembersihan diantaranya membabat rumput, tanaman liar dan menebang pohon yang menutup tanggul sungai. Kemudian sampah pohon di bakar, sebelum tersedia TPS,” jelasnya.

Ia berharap kepada masyarakat agar ke depan tidak ada lagi yang membuang sampah di bantaran maupun di tanggul Sungai Citarum. “Saya menghimbau kepada masyarakat agar jangan buang sampah di Sungai Citarum, selain itu nanti di bantaran sungai kita siapkan Tempat Pembuangan Sampah Sementara (TPS) yang sedang direncanakan pembangunannya,” harapnya. (Her)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *