April 13, 2024

Persiapan Mudik Angkutan Lebaran, Basarnas Gelar Apel Siaga

Pena7.com, Jakarta – Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan menggelar Apel Siaga lebaran Idul Fitri 1440 H. kegiatan itu dilaksanakan guna mendukung arus mudik lebaran.

Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan, Marsdya TNI Bagus Puruhito mengatakan, apel siaga ini dilaksanakan diseluruh Indonesia sekaligus menjadi awal dimulainya berbagai kegiatan Badan Sar Nassional.

“Khusus unntuk mudik lebaran ini Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan melaksanakan Siaga Sar khususnya arus mudik Lebaran,” kata Agus Puruhito saat menyampaikan sambutannya di acara Apel Khusus Siaga Sar Angkutan Lebaran 2019/1440 H di Lapangan Badan Sar Nasional, Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (27/5/2019).

Kegiatan ini menurut Agus Puruhito,bertujuan untuk mewujudkan pelayanan Sar yang cepat,tepat, aman, dan handal.

“Siaga Sar mudik lebaran ini dilaksanakan guna mendukung serta membantu unsur-unsur terkait seperti Polri,Perhubungan dan Pemda dalam rangka pemantauan jalur mudik angkutan Lebaran,” jelasnya.

Lebih lanjut orang nomor satu di Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan ini mengatakan, pada kesiapsiagaan Sar Angkutan Lebaran, pihaknya tetap fokus pada penanganan kecelakaan sesuai dengan apa yang menjadi tupoksi dari Basarnas.

“Kami tetap fokus pada penanganan kecelakaan sesuai dengan apa yang menjadi tupoksi dari Basarnas.Tupoksi Basarnas tidak terbatas pada Siaga Angkutan Lebaran saja,namun masih banyak lagi pada potensi kecelakaan diluar hal tersebut,”terangnya.

Bagus Puruhito juga mengaku, pihaknya telah menyiapkan 38 kantor Sar dan 77 pos, selain itu Basarnas juga memperiapakan 354 Pos Angkutan Lebaran dengan 3500 personel serta 4050 Potensi Sar.

“Kami sudah menyiapkan 38 Kantor Sar dan 77 Pos Siaga Angkutan Lebaran.Ditambah lagi 340 Pos Angkutan Lebaran,personelnya berjumlah 3500 orang dan 4050 Potensi Sar,”paparnya di akhir kegiatan tersebut.  (Red)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *