June 15, 2024

Wadan Seskoal Buka Admin Games Renstra Hanneg

Pena7.com, Cipulir – Wakil Komandan Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Wadan Seskoal) Laksamana Pertama TNI Tatit Eko W., S.E., M. Tr(Han) membuka secara resmi Admin Games Perencanaan Strategis Bidang Pertahanan Negara Perwira Mahasiswa Pendidikan Reguler (Dikreg) Seskoal Angkatan ke-57 dan Perwira Siswa Kursus Manajemen Strategi (Susjemenstra) TNI AL Angkatan ke-14 TA 2019, di Amphiteater Pusoyu Seskoal Cipulir, Jakarta Selatan, Senin (01/07).

Dalam kegiatan tersebut dihadiri Sekertaris Lembaga (Seklem) Seskoal Kolonel Laut (S) Hardiko, S.Sos., M.M., para Pejabat Utama Seskoal, para Perwira Penuntun (Patun) dan Dosen Seskoal.

Admin Games yang dilaksanakan hingga 5 Juli 2019 ini mengambil tema “Melalui Admin Games perencanaan strategis bidang pertahanan Negara Perwira Mahasiswa Dikreg Seskoal Angkatan ke-57 dan Perwira Siswa Susjemenstra TNI AL Angkatan ke-14 TA. 2019 akan meningkatkan kemampuan dan pengetahuan dalam penyusunan dokumen serta mekanisme perencanaan strategis bidang pertahanan Negara”.

Kegiatan ini merupakan simulasi proses perencanaan pembangunan pertahanan negara yang dalam suatu rangkaian kegiatan perencanaan secara berurutan dan berkesinambungan setiap dua puluh tahun dan dijabarkan dalam periode lima tahunan yang selanjutnya dirinci dalam perencanaan tahunan.

Dalam penyelenggaraan latihan ini dipimpin Komandan Seskoal Laksda TNI Dr. Amarulla Octavian, S.T. M.Sc., dengan Penasihat Latihan Wadan Seskoal Laksma TNI Tatit Eko W., S.E., M. Tr (Han) dan Direktur Latihan (Dirlat) Kepala Departemen Manajemen (Kadepjemen) Seskoal Kolonel Laut (E) Wiedo Ananto, S.T.

Dalam sambutan Komandan Seskoal Laksda TNI Dr. Amarulla Octavian, S.T. M.Sc., D.E.S.D. yang diwakili Wadan Seskoal mengatakan bahwa kegiatan Admin Games merupakan latihan puncak bagi Perwira Mahasiswa Dikreg Seskoal dan Perwira Siswa Susjemenstra TNI AL dalam menerapkan seluruh teori yang selama ini didapat, dengan tujuan melatih para Perwira Mahasiswa Dikreg Seskoal dan Perwira Siswa Susjemenstra TNI AL agar mengerti dan memahami mekanisme sistem perencanaan pembangunan pertahanan negara serta melatih dalam melaksanakan penyusunan dokumen rencana strategi bidang pertahanan negara pada proses perencanaan jangka menengah lima tahun dan tahunan.

Sasaran Admin Games ini untuk para Perwira Mahasiswa Dikreg Seskoal dan Perwira Siswa Susjemenstra TNI AL mengetahui proses perencanaan strategis bidang pertahanan Negara mulai dari level tertinggi yaitu visi dan misi Presiden RI terpilih sampai dengan level yang terbawah yaitu program kerja Satker, Perwira Mahasiswa Dikreg Seskoal dan Perwira Siswa Susjemenstra TNI AL mampu melaksanakan mekanisme, dinamisasi rapat-rapat dan melaksanakan proses penyusunan dokumen perencanaan strategis serta mampu bertugas sebagai staf perencanaan pada tingkat Mabesal, Kotama dan Satker.

Dari kegiatan tersebut, orang nomor satu di Seskoal ini berharap para Perwira Mahasiswa Dikreg Seskoal dan Perwira Siswa Susjemenstra TNI AL dapat menggunakan hasil Admin Games dalam tugas penulisan tesis dan taskap sehingga dapat menghasilkan konsep pemikiran baru guna menjawab tantangan tugas perencanaan strategis dimasa yang akan datang. (Red)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *