May 27, 2024

Pemindahan Ibu Kota RI, Pengamat Ekonomi : Bisa Mendorong Indonesia Jadi Negara Maju

Pena7.com, Jakarta – Pengamat Ekonomi dan Bisnis Nasional, Hardi Fardiansyah menilai pemindahan ibu kota negara memberi peluang untuk Indonesia menjadi negara maju.

“Rencana pemindahan ibu kota tercetus dari pemerintah Joko Widodo (Jokowi) sudah pasti menimbang peluang Indonesia menjadi negara maju dan kompetisi global yang semakin ketat,” ujar Hardi saat dihubungi Pena7.com, Senin (26/8/2019).

Menurut Hardi, gagasan soal pemindahan ibu kota baru sudah dibahas oleh tim penggagas Presiden RI baik dari segi keamanan, polusi udara, kemacetan, hingga peluang ekonomi.

“Dan ini bukanlah gagasan baru melainkan sudah lama sekali muncul, sejak era Presiden Soekarno. Di setiap era presiden pasti muncul gagasan itu. Tapi wacana ini timbul-tenggelam karena tidak pernah diputuskan dan dijalankan secara terencana dan matang,” terangnya.

Lebih lanjut, pria yang berprofesi sebagai konsultan bisnis dan appraisal ini mengatakan, mempertahankan ibu kota Jakarta perlu dipertimbangkan dua hal, yaitu Jakarta sebagai pusat pemerintahan dan layanan publik.

“Apabila Indonesia akan menuju negara maju, pertanyaan pertama yang harus dijawab adalah apakah di masa yang akan datang DKI Jakarta sebagai ibu kota negara mampu memikul dua beban sekaligus, yaitu sebagai pusat pemerintahan dan layanan publik sekaligus pusat bisnis,”tanya Hardi.

Presiden, kata Hardi, sudah mengambil contoh dari beberapa negara yang memiliki pemikiran maju.

“Presiden mengambil contoh misalnya: Malaysia, Korea Selatan, Brasil, Kazakhstan, dan lain-lain. Sekali lagi, kita ingin berpikir visioner untuk kemajuan negara ini.” kata Hardi seperti dikatakan Presiden.

Hardi juga mengaku yakin atas kematangan rencana pemerintah, bahkan ia menganggap gagasan ini sangat visioner membawa Indonesia ke arah yang lebih maju dan modern.

“Saya yakin soal pemindahan ibu kota sudah dipersiapan lebih matang, seperti pemilihan lokasi yang tepat, pertimbangan aspek geopolitik, geostrategis, serta kesiapan infrastruktur pendukung. Agar gagasan besar ini bisa terwujud, saya menghimbau agar semua pihak dapat mendukungnya,” tutupnya. (Adm)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *