May 23, 2024

Gandeng Selebritis, FWJ akan Menggelar Event Gebyar Kemerdekaan RI ke-74 di Monas

Pena7.com, Jakarta – Forum Wartawan Jakarta (FWJ) akan menggelar acara yang diberi nama “Gibyar Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 74”. Acara ini mendapat apresiasi penuh oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Menarik, acara ini dilaksanakan atas kerjasama Forum Wartawan Jakarta dengan Pesona Selebritis. Tampak acara yang akan dihelat pada tanggal 31 Agustus hingga 1 September di IRTI Monumen Nasional (Monas) tersebut akan dihiasi dengan penampilan para artis sehingga gaungnya terlihat indah dan menarik.

Terkait itu, Ketua FWJ, Mustofa Hadi Karya mengaku bahwa pihaknya telah mengantongi perizinan dari pihak UPT Monas termasuk SOP dan hal-hal teknis lainnya.

“Mengenai izin tempat sudah kami kantongi termasuk SOP pelaksana kegiatan, dan hal ini kami dapatkan saat melakukan rapat koordinasi dengan UPT Monas. Rapat yang dipimpin langsung Kasie ini dihadiri unsur terkait untuk membahas soal persiapan acara dan Alhamdulillah sudah terpenuhi,” ujar Mustofa dalam Konferensi Pers di IRTI Monas, Jakarta Pusat, Selasa (27/8/2019).

Pria yang akrab disapa Opan ini menuturkan, acara yang digelar pihaknya ini menyisakan waktu empat hari lagi. Meski demikian, dirinya mengakui kinerja timnya yang solid dan bekerja keras untuk mensukseskan acara ini.

“Meski waktunya tinggal empat hari lagi, tapi panitia telah mempersiapkan segala perlengkapan acara, baik posisi panggung utama, kebutuhan listrik dan lain sebagainya,” jelas Opan.

Lebih lanjut, sang inisiator pelaksanaan event Gebyar Kemerdekaan RI ke 74 ini menyebut event ini sebagai spektakuler persembahan FWJ sebagai kontribusi para jurnalis se DKI Jakarta terhadap bangsa dan negara.

“Kalau selama ini jurnalis hanya sebatas meliput dan mewartakan event-event berupa musik, seni dan tari, namun kali ini insan pena berkontribusi secara langsung dalam event ini sebagai penyelenggara,” cetus Opan.

Menyoal perpindahan ibu kota negara yang telah diputuskan Presiden Joko Widodo ke Kalimantan Timur, wartawan senior ini melontarkan, meski Ibu Kota Negara dipindahkan, namun Jakarta Tetap Ibu Kota.

“Ibu Kota meski dipindahkan ke Kalimantan, tapi Jakarta tetap menjadi Ibu Kota. Maksudnya Jakarta tetap menjadi Ibu Kota provinsi Jakarta,” kata Opan dalam disambut tawa para selebritis dan awak media dalam konferensi pers.

Opan menandaskan, konferensi pers hari ini adalah sebagai tolak ukur penjelasan kepada publik soal persiapan Gebyar Kemerdekaan RI yang bertema ” Jakarta Bukan Sekedar Ibu Kota”.

Di tempat yang sama, Ketua Panitia, Nurhadi alias Black menyebut event Gebyar Kemerdekaan RI ke 74 di IRTI Monas ini sebagai kegiatan perdana diantara banyak agenda FWJ lain.

“Event Gebyar Kemerdekaan RI ini sebagai langkah awal merealisasikan program kerja, sekaligus memperkenalkan organisasi jurnalis ini ke rana publik. Meski FWJ baru berdiri, namun sudah bisa membuka mata publik,” tandasnya.

Sementara pembicara lain dalam jumpa pers tersebut, Dedi Ruslan yang menjabat Dewan Pembina Bidang Ekonomi mengapresiasi tema Jakarta Bukan Sekedar Ibu Kota. Namun menurut dia, keberadaan Jakarta sebagai ibukota justru dimaknai sebagai sentral perekonomian bangsa Indonesia. Maju tidaknya sebuah negara menurut Dedi adalah posisi letak geografis ibukota negara itu berada.

“FWJ sebagai salah satu elemen dalam dunia jurnalis memiliki solidaritas tinggi, apalagi program-program yang akan ditawarkan kedepannya sangat responsif seiring kesejahteraan wartawan sebagai prioritas FWJ,” paparnya.

Kesempatan yang sama, Dewan Pembina Spiritual, Habib Abdul Qodir menilai FWJ dalam perkembangan jurnalistik di ibukota merupakan kelompok yang siap berdakwah dan menyampaikan informasi publik yang elegan, lugas sesuai kode etik jurnalisme. “Dengan demikian saya yakin Forum Wartawan Jakarta mampu menciptakan insan pers Jakarta sebagai pribadi jurnalis yang amanah dalam menjalankan tugas dan profesinya. (Arum)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *