May 23, 2024

Tidak Ada TPS, Kali Cinanggung Jadi TPS Liar

Pena7.com, Kabupaten Bogor – Kali Cinanggung di Kampung Paku, Desa Sadeng, Kecamatan Leuwisadeng, Kabupaten Bogor berubah jadi Tempat Pembuangan Sampah (TPS) liar. Diduga tumpukan sampah yang ada di kali disebabkan tidak tersedianya TPS. Alhasil, warga banyak yang membuang sampah ke kali.

Ketua RW 04, Heri Pujiyanto  mengatakan, menumpuknya sampah di kali Cinanggung di sebabkan tidak adanya TPT, dan kurangnya kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah ke kali.

Sampah yang dibuang ke kali diantaranya sampah plastik, kayu, dan sisa tumbuhan sampai sterofom ikut menghiasi aliran kali cinanggung.

“Dampaknya, selain menimbulkan bau yang menyengat. Ketika musim hujan bisa menyebabkan banjir,” ujarnya, kepada pena7.com, pada Minggu (6/10).

Tidak hanya warga sekitar yang mengeluhkan bau sampah. Pejalan kaki dan pengendara yang melintas harus menutup hidung karena bau yang sangat menyengat.

“Saya berharap warga kampung paku tidak membung sampah ke aliran kali Cinanggung karena takut terjadinya banjir,” tukasnya.

Sementara, Sekretaris Desa (Sekdes) Sadeng, Ibnu Hariwijaya saat dihubungi, berjanji akan segera koordinasi dengan ketua RW setempat untuk membersihkan tumpukan sampah tersebut.

Menurutnya, memang sudah terencana untuk membersihkan sampah sampah liar di kali Cinanggung Kampung Cipaku.” Termasuk sampah liar yang terletak dikampung Kosol segera akan dibersihkan,”tuturnya.

Ia menambahkan, sesuai arahan Bupati Bogor Ade Yasin melalui program Pancakarsa bahwa kegiatan kebersihan harus digalakkan. ” Salah satunya mengaktifkan kembali bergotong royong salah satunya Jumat bersih,” tutupnya. (Arip Ekon)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *