May 23, 2024

Pos SAR Banyuwangi dan Jember Evakuasi 4 Pendaki terjebak Kebakaran Gunung Ranti

Pena7.com – Pada Sabtu (19/10) pukul 21.45, Kantor SAR Surabaya menerima informasi adanya 4 pendaki yang terjebak di Gunung Ranti kabupaten Banyuwangi akibat kebakaran hutan.

Keterangan pers yang diterima pena7.com, Humas Basarnas menjelaskan bahwa Tim Rescuer Pos SAR Banyuwangi diterjunkan saat itu juga yakni pada pukul 22.00 untuk menuju lokasi kejadian. Beruntungnya, tim dapat berkomunikasi dengan salah satu survivor yang menyebutkan titik lokasi mereka dan menjelaskan bahwa semua survivor dalam keadaan sehat namun tidak bisa kemanapun karena akses jalan tertutup akibat kebakaran. Adapun keempat survivor adalah Lisa, Azza, Haidar, dan Fajar.

Dikarenakan akses yang cukup sulit, tim Pos SAR Jember turut diberangkatkan ke lokasi Gunung Ranti, tepatnya menuju titik kumpul SRU yakni Pos Paltuding, pada Minggu (20/10) pukul 02.00 dini hari. Sayangnya, tim harus menghentikan pencarian disebabkan badai yang terjadi sekitar pukul 03.30.

Tim SAR kembali melakukan pencarian pada pagi harinya setelah keadaan cuaca mendukung. Keempat survivor kemudian berhasil ditemukan oleh tim SAR gabungan dalam keadaan selamat pada pukul 09.30 WIB. Keempat survivor kemudian mulai dievakuasi ke posko utama Paltuding.

“Yang memudahkan pencarian ini karena kami masih bisa berkomunikasi dengan salah satu survivor untuk memantau kondisi dan lokasi mereka. Kami bersyukur keempatnya dalam keadaan selamat.” jelas Adhiar, salah satu tim rescuer dari Pos SAR Banyuwangi.

Tim SAR Gabungan yang turut serta dalam operasi pencarian ini adalah Pos SAR Banyuwangi, Pos SAR Jember, BPBD Banyuwangi, Polsek Licin, Kodim Banyuwangi, BSI Banyuwangi, Serdadu Alam, dan Polisi Hutan. “Berkat kerja sama seluruh tim, kami bisa melakukan pencarian dengan maksimal,” ujar Adhiar.

Sampai berita ini diturunkan, tim SAR gabungan beserta 4 survivor dalam perjalanan menuju Posko utama Paltuding. (Red)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *