December 2, 2022

Menuju Bogor Spot Tourism, Pemdes Karacak Bangun Jalan Menuju Objek Wisata

Pena7.com, Kabupaten Bogor – Bermacam cara yang dapat dilakukan untuk menggali potensi wisata, seperti yang dilakukan Pemerintah Desa Karacak, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor dengan menggandeng pihak PLN Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) sektor Saguling Karacak guna memanfaatkan kawasan PLN yang akan dijadikan destinasi wisata menuju Bogor Spot Tourism Geopark Pongkor.

Langkah awal pembenahan infrastruktur pembangunan jalan tersebut selain untuk mempermudah warga dalam bertransportasi juga pemanfaatannya untuk menyusuri lokasi yang bakal dijadikan potensi wisata Desa Karacak.

“Inilah salah satu cara kami untuk pembenahan serta penataan potensi wisata, “ujar Pjs Kepala Desa Karacak, Ayi Wahyu Kusumah kepada wartawan, Ahad (01/12).

Ayi menambahkan, dengan turun langsung ke lokasi tentu bisa langsung melihat kekurangan dan kelebihan tempat yang akan dijadikan objek wisata. “Atas kerjasama dengan pihak PLN akan didirikannya di beberapa titik lokasi diarea tersebut seperti pembuatan camping grond dan pembuatan beberapa fasilitas lainnya,”urainya.

Untuk mengedukasi anak anak , lanjut Ayi mengatakan, rencananya sambil berwisata sekaligus diadakannya lomba menulis anak dan kegiatan lomba menanam pohon manggis. “Tentu saja ini untuk memacu dan menumbuhkan kepedulian anak terhadap lingkungan sekitar.” tuturnya.

Ditempat yang sama, Staf Desa Karacak Novi Firdaus menyebutkan, dibangunnya jalan Roli yang merupakan areal PLTA, utamanya jalan tersebut menghubungkan ke Kampung Siponhilir dan Kampung Sukamaju yang kondisinya sudah belasan tahun mengalami kerusakan. “Mengingat warga di dua kampung sekira seribu Kepala Keluarga (KK) sudah teriak terus meminta agar jalan itu untuk segera dibangun,”ujarnya.

Maka itu, papar Novi, dengan menggunakan kucuran dana Bantuan provinsi (Banprov) 2019 kami bersepakat dengan pihak PLN memenuhi keinginan masyarakat untuk membangun jalan itu.

Sementara, Ketua BPD Desa Karacak Khaerul Falah Sazili menyebutkan, bahwa sehubungan jalan di desa terutama dilingkungan RW 09 terlihat sudah pada rusak serta musyawarah pun sudah ditempuh pada akhirnya pihak PLN mengamini dan memberikan izin untuk dibangunnya jalan itu. “Setiap masyarakat mempunyai hak yang sama, dengan begitu pengalokasian anggaran Bamprov untuk membangun infrastruktur jalan yang sudah lama dinanti warga.”jelasnya. (Arip Ekon)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *