December 2, 2022

TPT Kali Cidurian Longsor, Pesantren Al-Dasa Nyaris Roboh

Pena7.com, Kabupaten Bogor – Tembok Penahan Tanah (TPT) Bantaran Kali Cidurian Kampung Kadaka Desa Mekarjaya, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor longsor sepanjang 30 meter dan mengakibatkan nyaris robohnya bangunan Pondok Pesantren Al-Dasa.

Pimpinan Pondok Pesantren Al-Dasa H Ujang Furqon menyatakan, longsor yang menimpa bangunan pondok pesantren terjadi, pada Sabtu (30/11) kemarin sekitar pukul 23.00 WIB.” Akbatnya membuat proses belajar mengajar sejumlah santri menjadi tak nyaman dan ketakutan, karena Kobong yang mereka tempati khawatir akan terjadi roboh.

“Longsornya TPT tepat dibawah Kobong Putra. Saat itu semua santri sedang berada di dalam kobong, jumlahnya sebanyak 86 orang,” ujar H. Ujang.

Ujang menjelaskan longsor terjadi akibat tidak kokohnya pasangan TPT dibantaran kali Cidurian, sehingga tidak mampu menahan derasnya air.

“TPT itu dibangun sekitar dua tahun yang lalu oleh pemerintah, kami tidak tahu persis siapa pelaksananya saat itu. “Namun Alhamdulillah dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa, hanya saja kerugian materil mencapai sekitar 70-120 juta rupiah,” jelasnya.

Ketua RT 04 Kampung Kadaka, Nia Kurnia menuturkan bahwa pihaknya belum sempat melaporkan bencana longsor ini ke Kantor Desa, dikarenakan dalam waktu kejadian bertepatan dengan hari libur. “Secepatnya akan kami laporkan musibah ini pada Senin besok agar segera ditindak lanjuti oleh pihak terkait.”pungkasnya.

(Arip Ekon)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *