September 29, 2022

Dankoharmatau Berharap Penggunaan Anggaran Secara Tertib Administrasi

Jurnalmetropol.com, Bandung – Guna menjamin tertib administrasi pada pelaksanaan program kerja T.A. 2020 terkait dengan penggunaan anggaran baik Mako Koharmatau maupun Depohar Jajaran, Komandan Koharmatau Marsekal Muda TNI Dento Priyono mengundang nara sumber guna pelaksanaan sosialisasi penggunaan anggaran.

Pada kesempatan tersebut, Dankoharmatau menyampaikan bahwa sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa tugas Direktorat Jenderal Perbendaharaan menyelenggarakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang pelaksanaan anggaran, pengelolaan kas dan investasi, pembinaan pengelolaan keuangan Badan Layanan Umum, dan akuntansi dan pelaporan keuangan pemerintah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

“Sehubungan dengan pelaksanaan Rapat Kerja Teknis Koharmatau dihadiri oleh seluruh Pejabat Koharmatau, Para Komandan Depohar Jajaran,  dan Komandan Satuan Pemeliharaan. Sangatlah tepat saya menghadirkan dua narasumber yaitu Bapak Asep Darna sehari menjabat sebagai Kasi Pembinaan Sistem Akutansi Pemerintahan Pusat (PSAPP) Kanwil DIPB Provinsi Jabarat (Pembina) dan Bapak Purwanto Handayani sehari menjabat  sebagai Kasi PPA.I-A Kanwil DJPB Provinsi Jawa Barat (Penata TK.I),”paparnya.

“Melalui sosialisasi dari dua narasumber ini, kita mampu menyatukan sekaligus menyamakan persepsi guna menghindari terjadinya kesalahan sekecil apapun dalam melaksanakan program kerja nantinya,”harap Dankoharmatau.

Sementara  Bapak Asep Darna menjelaskan, ketentuan mengenai Tata Cara Revisi Anggaran ditetapkan tiap tahun,  disesuaikan dengan amanat UU APBN. Selain itu, ketentuan mengenai Tata Cara Revisi Anggaran juga terus disempurnakan  sesuai dengan arahan pimpinan dan masukan dari unit-unit terkait.

“Karena Dalam UU Nomor 20 Tahun 2019 tentang APBN TA 2020 Pasal 19 diatur ketentuan baru mengenai perubahan belanja negara yang perlu dimasukkan dalam RPMK tentang Tata Cara Revisi Anggaran TA 2020 yaitu terdapat lima pon penting,”lanjutnya.

Dijelaskannya bahwa Pertama, adalah Pergeseran anggaran antar-Program antar bagian anggaran dalam rangka penyelesaian restrukturisasi K/L.  Kedua, Pergeseran anggaran antar-Program dalam 1 (satu) bagian anggaran untuk penanggulangan bencana alam, ketiga Pergeseran anggaran belanja yang dibiayai dari PNBP antarsatuan kerja antar-Program dalam 1 (satu) bagian anggaran.

“Sementara poin tiga adalah Perubahan anggaran belanja yang bersumber dari PNBP, dan kelima Penggunaan saldo kas BLU,”tambah Asep Darma.

Diakhir paparan Komandan memberikan waktu untuk tanya jawab tentang hal-hal yang belum dipahami, oleh seluruh para peserta Rakernis Koharmatau,

Pada akhir Kegiatan tersebut, sebagai bentuk ucapan terima kasih Komandan Koharmatau Marsekal Muda TNI Dento Proyono menyerahkan Plakat sebagai kenang-kenangan kepada Bapak Asep Darma, yang berlangsung di Ruang Rapar Basjir Soerya, Mako Koharmatau, Lanud Husein Sastranegara, Bandung, Jumat (31/01/20).

Dalam acara itu disaksikan langsung oleh Wadan Koharmatau, Para pejabat Koharmatau, para Komandan Depohar, Para Komandan Satuan Pemeliharaan serta para Perwira Koharmatau. (Penkoharmatau/Kmal)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *