May 20, 2024

Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai Menguatkan Boarding Officer

Jurnalmetropol.com, Jakarta – Untuk meningkat kinerja Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai (KPLP) telah melakukan peningkatan keterampilan bersama PLP Kelas 1 Tanjung Priok bersama Personil KSOP Kelas 1 Tanjung Emas,Semarang.

“Boarding Officer adalah penguatan dalam menjalankan tugas sebagai penegakan hukum di Laut. Maka setidaknya personil KPLP diwajibkan cekatan, profesional serta menguasai aturan-aturan yang berlaku dalam dunia maritim,”begitu pesan yang dikuatkan kembali Kepala Pangkalan Kelas 1 Tanjung Priok, kepada Jurnalmetropol.com, di Jakarta, pada Rabu (19/2/2020).

Selain itu, kata Elwin Refindo,perlu juga pengetahuan dan keterampilan khusus yang dapat membantu dalam menjalankan tugas operasi di Perairan dan menghadapi ancaman. Sesuai komitmen yang diamanatkan Kementrian Perhubungan melalui Dirjen Hubla adalah menjamin pengawasan keselamatan dan keamanan pelayaran dalam mewujudkan cita-cita Indonesia sebagai poros maritim dunia. Dan tujuan peningkatan keterampilan Boarding Officer digelar untuk pengembangan kapasitas SDM ABK kapal negara dalam peningkatan keterampilan pada tugas penegakan hukum dilaut.

“Tidak kalah pentingnya kegiatan bersama ini dapat dipergunakan sebaik-baiknya untuk membangun jaringan kerjasama,”ungkap  Elwin Refindo,Kepala Pangkalan kelas 1 Tanjung Priok.

Dalam kegiatan peningkatan kegiatan, kata Elwin, seluruh peserta dibendor instruktur-instruktur yang telah mencapai sertifikat dari US Coast Guard. “Tujuannya kearah SOP pemeriksaan kapal yang dilakukan oleh kapal negara. Salah satunya memitagasi resiko yang akan dihadapi sebelum petugas pemeriksaan naik diatas keatas kapal subjek serta praktek-praktek dalam menghadapi subjek yang tidak patuh ketika diperiksa,”imbunya. (Delly M)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *