June 15, 2024

BBPP Batu Malang Gelar Pelatihan Budidaya Sapi Perah bagi Non Aparatur

Jurnalmetropol.com, Batu Malang – Balai Besar Pelatihan Peternakan Batu melaksanakan kegiatan Pelatihan diantaranya ; Pelatihan Mitigasi dan Adaptasi Perubahan Iklim, Pelatihan Pengolahan Hasil Daging, Pelatihan Manajemen Reproduksi Ruminansia, Pelatihan Pengawas Bibit Ternak Ahli dan Pelatihan Budidaya Sapi Perah Bagi Non Aparatur.

Pembukaan Pelaksanaan kegiatan tersebut di Kantor Aula Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) BBPPSDMP Kementerian Pertanian, di Jl Songgoriti Batu Malang, Jawa Timur, Selasa (10/03/20).

Pada kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Kepala Pusat Pelatihan dan Penyuluhan Kementerian Pertanian, Bustanul Arifin Cahya didampingi oleh Kepala BBPP Batu Malang, Dr. Wasis Sarjono.

Dalam sambutannya Kapuslat menyampaikan bahwa arah Pembangunan pertanian kita 5 tahun yang lalu itu kita genjot pembangunan pertanian kita yaitu infrastruktur sarana dan prasana.

“Sudah berapa ratus ribu alat mesin pertanian dan peternakan yang sudah disalurkan kepada masyarakat dan juga bibit unggul diberikan kepada masyarakat,”jelasnya Kapuslat.

Kapuslat juga menyampaikan bahwa 5 tahun ini Kementerian Pertanian sesuai arahan Presiden akan konsentrasi proritas kepada sumber daya manusia.

Lanjutnya, Ia mengatakan tahun ini dan tahun berikutnya Kementerian Pertanian secara masif itu akan laksanakan peningkatan kompotensi SDMnya, tidak ada aparatur tapi tidak non aparatur.

“Kita punya tiga pilar, yaitu Pusat Penyuluhan, pusat pendidikan di berbagai provinsi itu semua untuk mendukung peningkatan kompotensi SDM pertanian. Dan pilar ketiga yaitu pusat Pelatihan yang ada di Batu ini,”paparnya.

Balai Besar Pelatihan Pertanian ini mempunyai tiga program, yaitu Korsa Pertanian, kedepan Balai Besar Pertanian mendukung tumbuh kembangnya usaha tani di wilayah, juga bagaimana mendukung program pertama pertanian dan juga termasuk pelatihan.

Pada acara yang sama Kepala BBPP Batu Malang, Dr. Wasis Sarjono menambahkan bahwa pada Pelatihan ini berharap kepada seluruh peserta jalin kebersamaan dan kekompakan selama pelatihan berlangsung. Dan diharapkan kedepannya ilmu yang didapatkan disini diterapkan di daerah masing- masing.

Hadir pada kegiatan tersebut, diantaranya ; Kepala Balai Besar Pelatihan Pertanian Kupang Bambang Harjanto, Kepala Polbantang Malang Sumardi dan seluruh Pejabat Eselon III, Eselon IV, Kabid Program dan Kerjasama Dani serta widyasuara dan Peserta Pelatihan ada sekitar 150 dari Dinas Pertanian. (Kmal)

 

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *