April 15, 2024

Denmako Pasmar 1 Gelar Sosialisasi dan Pencegahan Penyebaran Virus Covid-19

Jurnalmetropol.com – Dalam rangka mengantisipasi dan meningkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran virus Corona (Covid-19) kesehatan Balai Pengobatan (BP) Mako Pasmar 1 melaksanaan kegiatan pemeriksaan suhu tubuh dan sosialisasi kepada seluruh prajurit dan PNS yang memasuki Kesatrian Marinir Baroto Sardadi Mako Pasmar 1 dan Mako Menart 1 Marinir Marunda, Jakarta Utara, Senin (16/03/2020).

Kegiatan diawali dengan pemeriksaan suhu tubuh terhadap seluruh prajurit Denmako Pasmar 1, Menart 1 Mar dan PNS yang memasuki Kesatrian Baroto Sardadi oleh tim Balai Pengobatan Mako Pasmar 1 yang bertujuan untuk mengetahui berapa suhu badan para prajurit, tindakan ini merupakan bagian dari pencegahan merebaknya virus Covid-19.

Setelah dilaksanakan pemerikasaan suhu badan seluruh prajurit dan PNS Denmako Pasmar 1 dan Menart 1 Mar melaksanakan Apel Gabungan yang diambil langsung oleh Dandenma Pasmar 1 Letkol Marinir Juli Herman, M.Tr.Hanla.

Dalam sambutannya Dandenma Pasmar 1 mengatakan bahwa sosialisasi ini dilakukan agar para prajurit dan PNS mengetahui apa yang harus dilakukan guna mencegah penularan virus Corona (Covid-19) serta mengetahui apa itu virus Covid-19, gejala-gejala yang ditimbulkan, bagaimana mengantisipasinya dan yang terakhir mengetahui langkah-langkah yang perlu diambil, jika sudah terkena dampak.

Dandenma Pasmar 1 juga menyampaikan mulai hari ini akan diadakan Pengecekan tiap masuk Kesatrian oleh tim kesehatan Mako Pasmar 1 guna cegah dini penyebaran virus Corona (Covid-19).

Sementara itu, dalam penjelasannya Ka BP Mako Pasmar 1 Letda Laut (K/W) drg. Yaniar Riga mengatakan bahwa virus corona merupakan bagian dari keluarga besar virus yang mungkin menyebabkan sakit pada hewan atau manusia. Pada manusia beberapa virus corona diketahui menyebabkan infeksi pernapasan yang bervariasi mulai dari flu ringan sampai kepada penyakit yang lebih serius seperti Middle East Respiratory Sindrome (MERS) dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS), corona virus yang paling terakhir ditemukan menyebabkan penyakit COVID-19, gejala umum COVID-19 adalah demam, lelah, dan batuk kering.

“Orang dapat tertular Covid-19 dari mereka yang telah terinfeksi virus ini sebelumnya dan dapat menyebar dari orang ke orang melalui tetesan kecil dari hidung atau mulut yang menyebar saat orang terinfeksi batuk atau bernafas, tetesan kecil ini akan mengenai objek atau permukaan tertentu dan akan menular jika orang yang menyentuh mengusap mata, hidung atau mulut mereka,”ujar Letda Laut (K/W) drg. Yaniar Riga.

Pada kesempatan tersebut, Ka BP juga menekankan, bahwa ditengah merebaknya virus corona ini diharapkan kita tidak perlu panik, melainkan selalu lakukan hidup sehat yaitu dengan rajin berolahraga, istirahat yang cukup, mencuci tangan dengan sabun antiseptic dan menggunakan masker bila batuk atau pilek.

Hadir dalam kegiatan Sosoalisasi Pencegahan Penyebaran Virus Corona (Covid-19) ini seluruh Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Mako Pasmar 1 dan Mako Menart 1 Mar. (Red)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *