April 19, 2024

Selama 14 Hari Karyawan PT NHM Transit Di Tiga Hotel Ternate

Jurnalmetropol : Antisipasi penyebaran Virus Corona/Covid-19 sesuai aturan pemerintah dan WHO, Manajemen PT.NHM telah menyiapkan 3 (tiga) hotel di Ternate sebagai tempat transit karyawan dan mitra kerja yang masing-masing harus tinggal selama 14 hari.Hal ini dikatakan oleh GM Goverman Relation, Social Performace & Permiting PT NHM Abujan Abd Latif kepada JMP.com di Emerald Hotel kemarin (15/04/2020)

Abujan Abd Latif mengatakan Penyiapan 3 Hotel tersebut guna sebagai tempat transit Karyawan dan Mitra Kerja sebelum masuk kerja di Site Gosowong. ” Kami mengikuti peraturan Pemerintah Pusat dan daerah , bahwa di tengah pandemi covid-19 ini setiap orang yang berasal dari luar provinsi seharusnya patut untuk di karantinakan, dan di lakukan pemeriksaan untuk mengecek kepastian kesehatannya oleh petugas kesehatan,” ucapnya.

GM Goverman Relation Social Performace And Permiting PT NHM ini menjelaskan bahwa ada 3 (tiga) Hotel yang di pakai oleh pihak PT NHM, yaitu Boulevard Hotel, Emerald Hotel, dan Hotel Batik. Mereka bukan untuk karantina tapi untuk transit selama 14 hari sebelum masuk bekerja, namun sistemnya memang seperti karantina. ” Hal Ini sudah menjadi peraturan dari perusahaan.,karena karyawan ini mereka pada  masa cuti, sudah dua minggu itu suda dua minggu lalu cuma karena mulai tanggal  8 itu PT NHM melakukan lock down jadi kami menjaga akses keuar masuk”.jelas Abujan.

Abujan juga menerangkan bahwa,untuk menghindari wabah ini, kebijakan PT.NHM itu mengikuti protokol dari tim gugus Provinsi maupun Nasional. Sehingga karyawan yang ada di sana itu mereka kerja sudah melewati waktu, dan seharusnya sudah cuti, namun di perpanjang masa cutinya sambil menunggu yang cuti datang.

“Untuk memotong mata rantai covid-19, jadi sebelumnya mereka datang di sini sudah melakukan Diam di rumah selama dua minggu, dan protokol yang kami terapkan ini juga sangat ketat kalaupun mereka lalai di rumah maka kami akan tolak kembali,” tegasnya.

Lanjut dia ,ada 137 karyawan yang transit ditiga hotel dengan masing – masing yaitu di Boulevard Hotel ada 66 orang, Hotel Batik 11 orang,  Hotel Emerald 56 orang dan tambahan 4 site gosowong. ” Di Tobelo juga ada, untuk karyawan lokal ,kami juga akan melakukan hal yang sama dengan transit  di hotel selama dua minggu. Dan selama dua minggu ,mereka juga akan melakukan rapid tes untuk mengecek kesehatan, kalau di nyatakan negatif baru bisa masuk ke tambang,” pungkas Abujan.

Sementara itu salah satu manajer Batik,Rahman mengakui bahwa pihak PT.NHM telah memesan kama di hotelnya sebanyak 10 untuk tamu atau karyawannya.” sesuai informasi ada sebelas karyawan cek in di sini, ada beberapa yang berasal dari Ternate dan sebagian juga berasal dari luar Provinsi Maluku Utara tapi  kebanyakannya dari Ternate,” akunya.

Hal senada juga di benarkan oleh Manajer Hotel Bolevard ,Ronal bahwa hotelnya untuk sementara dari pihak PT NHM menunjuk sebagai tempat transit Karyawan yang melakukan cuti kerja dan selesai masa cuti. ” Jadi kalau mereka (red – karyawan) cuti dari NHM harus istrahat 14 hari di Hotel dulu baru boleh  pulang di rumah, begitu juga abis cuti sebelum masuk istirahat 14 hari di Hotel kami dulu baru masuk di site Gosowong, mereka ada di sini sejak Rabu, tanggal 08 April 2020, dan karyawan yang berada disini berjumlah 66 orang, selama di hotel mereka tidak di ijinkan keluar di area hotel ”. paparnya. (Kipli)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *