December 9, 2022

Pemda Konawe Tegas Tolak 500 TKA China

Jurnalmetropol.com, Konawe – Masuknya ratusan TKA asing asal China ditengah wabah pandemi corona mendapat penolakan keras dari pemda Sulawesi Tenggara.

Diketahui TKA ini berencana masuk atas restu dan kebijakan dari pemerintah pusat

Berdasarkan data yang dihimpun, jadwal kedatangan TKA tersebut sejak 22 April lalu, yang direncanakan akan masuk secara bergelombang.

Pemda setempat menilai kedatangan para TKA tersebut bertolak belakang dengan suasana hati kebhatinan masyarakat setempat yang saat ini tengah berjuang melawan pandemi covid 19.

Diketahui ratusan pekerja tersebut akan bekerja disalah satu perusahaan tambang di Kabupaten Konawe. Meski sudah disertai dengan surat-surat pendukung bebas dari virus corona namun hal akan memicu keresahan masyakarat seperti yang terjadi pada masuknya 49 TKA pada beberapa waktu sebelumnya.

Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa menegaskan dirinya menolak kehadiran tenaga kerja asing asal China ke wilayahnya. Hal ini dikatakan Kery saat menjawab pertanyaan awak media salah satu stasiun televisi swasta, sesaat lalu.

“Sebenarnya informasi ini saya dengar dari wartawan juga bahwa akan ada tenaga asing yang akan masuk. Saya sebagai Bupati menolak sebenarnya, karena kita sudah sepakat bahwasanya covid corona kita selesaikan dulu baru (boleh) masuk tenaga asing ini, karena ini akan mempengaruhi kondisi daerah kami,” tegas Kery, seperti dikutip media ini, Minggu (3/5/2020).

“Tapi kalau memang pemerintah pusat kita mau bicarakan bagaimana baiknya, ya tidak ada persoalan kalau sudah perintah pusat, tetapi sekarang yang kita harapkan betul-betul TKA yang masuk ke Kabupaten Konawe ini steril,” beber Kery. (Beby)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *