Mon. Jul 6th, 2020

Indonesia Bangga Punya Bukti Sejarah Tentang Makassar

Jurnalmetropol.com – Sepuluh fakta Sejarah Makassar yang tidak dimiliki oleh daerah lain di Indonesia ;

  1. Kerajaan yang paling banyak memiliki BENTENG pertahanan di Indonesia dan dibuat oleh orang Makassar sendiri, bukan Negara luar, Benteng tersebut berjumlah 14 sebagai berikut : “Somba Opu,Kale Gowa,Tallo, Sanrobone, Panakkukang, Garassi, Galesong, Ana’ Gowa,Ujung Pandang, Barombong,Ujung Tanah,Mariso, Bonto Marannu dan Bayoa”.
  2. Jejak putra-putra terbaik Makassar ada di 5 (lima) provinsi dipulau Jawa ;

– Syekh Yusuf Al Makassari adalah pejuang dan pendakwah di Kerajaan Banten.

– Dato Tonggara adalah pejuang dan pendakwah di tanah Batavia yang berasal dari Makassar.

– Daeng Kanduruan Ardiwinata adalah pendiri sekaligus ketua Paguyuban Pasundan serta tokoh sastrawan Sunda asal Tombolo Pao,Gowa.

– Pemakaman prajurit Goa di Sleman,Yogayakarta pasca perjanjian Bongaya yang ikut berjuang berasama Karaeng Galesong.

– Makam Karaeng Galesong di Ngantang/Malang-Jawa Timur, adalah tokoh sentral yang menolak perjanjian Bongaya 1667 dan juga panglima perang angkatan laut kerajaan Makassar,yang memilih berjuang di pulau Jawa dan ikut bergabung bersama Pangeran Trunojoyo di Kerajaan Mataram di Jawa.

Jejak putra-putra terbaik Makassar ada di 6 (enam) negara didunia ;

– Afrika Selatan,Syekh Yusuf Al Makassari pejuang dan pendakwah.

–  Sri Lanka,Karaeng Sangunglo dikenang sebagai pahlawan dinegara tersebut pada masa raja Ceylon,Sri Vikrama.

– Malaysia, Karaeng Aji dengan generasi emasnya Tun Abdul Razak dan Najib Tun Abdul Razak.

– Australia,Husein Daeng Rangka (1845-1927) sebagai generasi terakhir pencari teripang asal Makassar di tanah Aborigin Australia.

– Thailand,kisah heroik antara I Yandulu Daeng Mangalle dan raja Siam/Thailand  Phra Narai.

–  Perancis, Daeng Ruru dan Daeng Tulolo yang dikenang sebagai pahlawan angkatan laut kerajaan Perancis pada masa pemerintahan

  Raja Louis ke XIV

  1. Satu-satunya orang Indonesia yang mendapat dua gelar Pahlawan Nasional adalah Syekh Yusuf Al Makassari yang berasal dari Gowa, Sulawesi Selatan ;

– Di anugerahi Pahlawan Nasional Indonesia oleh presiden Soeharto pada tahun 1995 dengan SK Presiden No.071/TK/1995 tanggal 07 Agustus 1995.

– Di anugerahi Pahlawan Nasional di Afrika Selatan oleh presiden Afrika Selatan,Thabo Mbeki pada tahun 2005.

  1. Makassar pembawa agama Islam pertama di dua negara,yaitu ;

– Australia,ini ditandai dengan pengusulan oleh komunitas Muslim dikota Darwin Australia dengan nama “Sekolah Muslim Makassar” sekaligus menjadi sekolah Muslim pertama dikota tersebut. Ini sebagai bentuk penghormatan hubungan erat yang terjadi ratusan tahun yang silam antara Suku Aborigin di Australia dengan Suku Makassar di Indonesia.

– Afrika Selatan,Syekh Yusuf Al Makassari asal Gowa Sulawesi Selatan,yang membawa agama Islam pertama di negara Afrika Selatan. Ketika beliau diasingkan oleh Belanda dari Sri Lanka ke Cape Twon Afrika Selatan diabad ke-17 yang silam. Beliau juga salah satu putra terbaik Afrika Selatan dan Pahlawan Nasional di negara tersebut,dan sekaligus inspirator bagi perjuangan Nelson Mandela.

  1. Penemu benua Australia adalah orang Makassar ;

Bukan William Janzsoon dari Belanda ataupun James Cook dari Inggris yang orang luar pertama yang menginjakkan kakinya dibenua Kanguru tersebut, tapi pelaut pencari Teripang asal Makassar yang melakukan hubungan kontak pertama kali dengan orang Aborigin. Setidaknya mereka sudah melakukan hubungan dagang sekitar tahun 1600-an.

6. Nama daerah yang bernama Makassar ada di 7 (tujuh) negara di dunia ini, termasuk di Indonesia sendiri yaitu :

– Macassans Beach, negara bagian utara Australia (NT).

– Pante Macassar, bagian barat Timor Leste.

– Kampung Mengkasar, negara bagian Pahang/Malaysia.

– Macassar-nama desa kecil di Mozambique

– Macassar-Cape Twon/Afrika Selatan.

– Distrik makassar (makkasan) kota Bangkok Thaliland

– Di Indonesia terdapat nama kota makassar di Sulawesi Selatan,(kota terbesar di Indonesia Timur), kecamatan makassar di Jakarta timur, benteng Makassar di Tangerang, pulau makassar di bau-bau Buton, pulau Makassar di Nunukan, pulau taka makassar di dekat pulau komodo NTT, keluharan makassar Timur dan barat kota ternate, pantai makassar di Oa Flores, bukit makassar di Oa Flores, Kampung/desa Makassar di Alor NTT, Selat Makassar antara Pul Kalimantan dan Pul Sulawesi, kampung makassar di Sorong, kampung makassar di manokwari,dan laen-laen.

  1. Buku tentang “INDONESIA” yang pertama terbit di Eropa ;

Adalah berjudul asli “description historique du royaume de Macacar/rincian sejarah Kerajaan Makassar”.Buku ini ditulis oleh Nicolas Gervaise dalam bahasa Perancis yang diterbitkan di Perancis tahun 1688 edisi pertama. Edisi kedua di terbitkan oleh penerbit Jerman, Erasmus Klinkius di Regensburg pada tahun 1700, sedangkan edisi berbahasa Inggris diterbitkan di London pada tahun 1701.

  1. Orang makassar memiliki Baju adat Salah satu yang tertua di Dunia. Bernama baju Bodo dan baju labbu.
  2. Orang makassar memiliki Tradisi Pernikahan Yang terkenal dengan sebutan DOI PANAI (Uang Belanja, bukan Mahar) Yang melambangkan tingkatan status sosial. Bahkan termahal se Indonesia.
  3. Ksatria dan Prajurit Makassar terkenal Gagah Berani, Orang Makassar adalah Musuh Belanda Yang paling keras, tidak ada Toleransi dan Perang terlama Yang Pernah di alami oleh Belanda di kawasan Asia adalah Perang Makassar dan Satu satunya LAWAN Belanda Yang Memberi GELAR Kepada Musuhnya Sebagai Bentuk Penhargaan Kepada SULTAN HASANUDDIN dengan Gelar AYAM JANTAN DARI TIMUR.

Sumber ; Dari berbagai sumber

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *