December 9, 2022

Dibutuhkan ‘Sense of Crisis’ Untuk Peredaan Covid 19

Jurnalmetropol Jakarta : Belum ada tanda-tanda meredanya covid-19 menginfeksi anak bangsa dari Indonesia,  membuat semua orang melakukan upaya ikhtiar maksimal untuk  memcepat penanggulangan wabah ini agar cepat berlalu.

Percepatan penanggulangan wabah covid-19 dapat terwujud bilamana seluruh komponen anak bangsa memiliki rasa sense of crisis terhadap kondisi yang sedang terjadi. Kepekaan terhadap krisis akan berpengaruh pada tindakan dan cara-cara yang akan digunakan.

Diperlukan upaya lebih extra ordinary dalam berprilaku positif dengan harapan tujuan percepatan penanggulangan dapat terwujud.

Semua pihak baik pemerintah, para ahli di masing-masing bidang dan pemuka agama telah menyampaikan konsep dan metode dalam penanggulangan namun pergerakan penurunan jumlah masyarakat yang terinfeksi belum terjadi. Hasil akan berbanding linear dengan terkait sejauh mana upaya dilakukan.

Saat ini yang dibutuhkan adalah eksekusi percepatan pelaksanaan konsep dengan berbagai  metode yang telah disampaikan oleh berbagai pihak baik pemerintah dan para ahli.

Percepatan eksekusi upaya kita berkejaran dengan percepatan penyebaran virus covid-19, jangan sampai terjadi hasil upaya percepatan penangulangan pandemi covid-19 seperti deret hitung sedangkan penyebaran virus seperti deret ukur. Bilamana hal ini terjadi maka kesulitan semua aspek kehidupan tidak menutup kemungkinan semakin lebar.

Adanya sense of crisis menjadikan upaya yang kita lakukan  dalam langkah dan gerak yang sama terlaksana.

Sudah saatnya atas nama kemanusiaan semua pihak  mempercepat pelaksanaan pencegahan pandemi covid-19,  agar  pandemi ini tidak menjadi gunung es yang semakin tinggi, dan susah mencairnya untuk menjadi landai.

Sense of crisis menjadikan setiap individu tanpa diperintah, tanpa diawasi bahkan sampai ditindak akan berprilaku mendahulukan dan mempertimbangkan kepentingan orang banyak, hilangkan ego centris dan bangun kebersamaan serta  bukan sebaliknya menyelamatkan diri sendiri atau mengambil kesempatan dan  keuntungan diatas penderitaan orang banyak.

Saat ini diperlukan ketegasan percepatan dalam penindakan dan pelaksanaan dalam rangka menghambat dan menurunkan jumlah angka orang yang terinfeksi.

 

Penulis :  Rita Satria S.E.,M.M

(Dosen Program Studi Manajemen S1 Fakultas Universitas Pamulang)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *