December 2, 2022

MANAJEMEN KEUANGAN RUMAH DI MASA COVID-19

Jurnalmetropol Jakarta : Cukilan tulisan saya ini merupakan urung rembug pemikiran dengan teman-teman yang berada dalam salah satu WAG komunitas rumah . Bermula dari melihat cuplikan isi WAG di salah satu komunitas rumah tempat tinggal, maklum di masa covid-19 ini semua aktifitas dikerjakan di dalam rumah sehingga salah satu aktifitas favorit sebagai ajang komunikasi bagi mak-mak dan para bapak adalah berkomunikasi lewat WAG. Maka wajar jika isi WAG saya menjadi cepat penuh.

Menarik untuk menjadi bahan diskusi dan saling memberikan solusi alternatif di antara anggota WAG adalah pembicaraan seputar keluhan peningkatan  anggaran rumah yang menjadi lebih besar dari biasanya hal ini disebabkan  disebabkan oleh beberapa pengeluaran yang semestinya dapat dihindari bila kita mau.

Isi WAG mulai dari sekedar humor sampai berisikan permohonan masukan solusi  bagaimana memelihara kesehatan keuangan keluarga selama di masa-masa semua dikerjakan di rumah. Setelah melihat isi keseluruhan WAG maka saya dapat menyampaikan beberapa penyebab peningkatan anggaran keuangan rumah selama masa semua aktifitas dilakukan di dalam rumah yakni:

pertama; lebih sering belanja fast food siap saji untuk memenuhi kebutuhan makanan keluarga sehari-hari,

kedua; tingkat frekuensi ngemil (makanan kecil) lebih sering, berakibat pada peningkatan belanja makanan kecil,

ketiga; dengan peningkatkan penggunaan gawai atau android atau hp dalam keluarga juga mendorong peningkatan belanja paket data seluler, menambah anggaran pengeluaran,

keempat; adanya panic buying menjadikan belanja mengabaikan prinsip  prioritas dan terukur, karena bahan makanan yang dibelanjakan secara berlebihan apabila tidak habis dikonsumsi (untuk bahan makanan yang mempunyai masa kadaluarsa) maka berakibat pada dibuangnya sisa makanan, hal ini berkontribusi pula pada peningkatan anggaran belanja karena biasanya hanya satu frekuensi belanja pada satu periode tertentu namun kini menjadi berkali-kali.

kelima;  munculnya kebutuhan baru yang selama ini tidak terpikirkan, seperti belanja masker,  sarung tangan, sanitizer dan beberapa makanan dan minuman suplement vitamin memelihara daya tahan tubuh dan lain-lain.

Keenam, berada di rumah beraktifitas seharian dapat mendorong peningkatan penggunaan listrik, seperti lampu, televisi, ac adalah beberapa komponen yang  berkontribusi pada peningkatan penggunaan listrik sehingga berakibat pada meningkatnya nominal tagihan listrik.

Beberapa saran dari saya semoga menjadi alternatif solusi dalam memelihara kesehatan keuangan rumah, yakni:

– Berusaha memasak sendiri untuk memenuhi kebutuhan makanan sehari-hari merupakan jalan terbaik dalam upaya menghemat pengeluaran dan sebaga upaya  menjaga kebersihan dan kesehatan dari apa saja yang kita makan,

– Kalau anda hobby memasak  maka salurkan energi positif untuk membuat cemilan sendiri untuk makanan iseng keluarga yang merupakan upaya penghematan lainnya dengan tetap melihat sisa anggaran  yang tersedia,

– Pilihlah operator telepon seluler yang anda gunakan mempunyai yang sedang melakukan program promosi dan kepedulian social namun tetap menunjang keluarga beraktifitas bekerja dan belajar dari rumah dengan menggunakan metode on line.

– Berbelanja dengan menggunakan skala prioritas dan terukur  akan terhindar dari biaya extra  tambahan karena seluruh belanjaan yang dibelinya memberikan manfaat maksimal bagi pembeli alias tidak ada yang terbuang percuma.

– Dengan adanya penghematan di atas mendorong terciptanya cross subsidi silang, dimana sisa dana angggaran yang belum terpakai dapat digunakan untuk belanja masker, sanitizer, vitamin dan kebutuhan lainnya guna menunjang peningkatan kesehatan.

– Bersikaplah bijak terhadap penggunaan lampu, AC dan lain-lain, seperti mematikan lampu kamar mandi secara reflek setelah selesai dgunakan,

 

Penulis :  Rita Satria S.E.,M.M

(Dosen Program Studi Manajemen S1 Fakultas Universitas Pamulang)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *