June 25, 2024

Dispotmar Lantamal VII Budidayakan Rumput Laut Sebagai Alternatif Pengganti Beras

Jurnalmetropol.com – Berbagai cara dilakukan untuk mewujudkan ketahanan pangan di tengah pandemi virus Covid-19. Seperti yang dilakukan oleh Dinas Potensi Maritim (Dispotmar) Lantamal VII, yang membudidayakan rumput laut sebagai pengganti beras atau singkong di Dermaga Mako Lantamal VII Kupang, pada Selasa (12/05).

Dispotmar melaksanakan budidaya rumput laut karena rumput laut umumnya bersifat edible yakni dapat ditanam dengan metode transplantasi. Kegiatan ini merupakan tahap kedua berupa penambahan jumlah transplantasi di lahan yang  belum ditanami rumput laut.

 “Budidaya rumput laut itu sebenarnya simple dan mudah, kita tinggal menanamnya di lahan yang sudah kita siapkan. Biarlah alam dalam hal ini laut yang mengatur sampai waktunya kita panen. Kita tidak perlu menyiram, memupuk ataupun membesihkan rumput seperti tanaman di darat,“terang Kadispotmar Lantamal VII Letkol Laut (T) Endro Wahyu saat ditemui di tempat terpisah.

“Rumput laut ini kaya akan polisakarida, mineral esensial, vitamin serta protein, rendah kalori dan rendah lemak. Sehingga perlunya konsumsi rumput laut dalam menu sehari-hari cukup beralasan, mengingat beragam substansi penting serta manfaatnya untuk menunjang dan melindungi kesehatan tubuh dalam melawan Covid-19,”ujar Letkol Endro.

Pada bagian lain Ia menambahkan bahwa program ketahanan pangan sebagai antisipasi dampak Covid-19 yang berkepanjangan, merupakan tindak lanjut dari himbauan Pangarmada II Laksda TNI Heru Kusmanto kepada seluruh jajaran Koarmada II, khususnya Lanal untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam menanggulangi dampak pendemi Covid-19. (Dispen Koarmada II/Kmal)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *