June 17, 2024

Kades Maniala Serahkan BLT kepada 140 Warga dan Sosialisasikan PSBB Covid-19

Jurnalmetropol.com – Pemerintah desa Maniala Kecamatan Tiloan Kabupaten Buol menyalurkan dana bantuan langsung Tunai ( BLT) sebesar 600 ribu kepada 140 warga yang terkena dampak Covid-19, pada Selasa (19/5/2020).

Bantuan tahap I bulan April ini diserahkan langsung oleh Kepala Desa Maniala dibalai desa. Penyerahan bantuan ini dihadiri oleh Camat Tiloan beserta aparat Babinkamtibmas Polsek Tiloan .

Menurut Kepala Desa Maniala Isro (46) saat dikonfirmasi wartawan di sela-sela penyaluran BLT kepada  140 warga penerima BLT mengatakan, sengaja mereka di undang dibalai desa selain untuk menerima bantuan mereka juga diberikan pengarahan dan pengertian tentang situasi covid-19 dan situasi pemerintah daerah sedang berlakukan pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB). Meskipun mereka berkumpul namun tetap protap jaga jarak tetap dilakukan.

Sebanyak 140 warga penerima BLT  ini menurut kepala desa adalah warga yang tidak tersentuh bantuan lain yakni bantuan dari APBN, APBD I, dan ABPD II . mereka terdampak akibat wabah covid-19.

Kepala desa  menegaskan bahwa semua aparat desa dari kepala desa sendiri maupun aparatur desanya dan anggota BPD tidak menerima bantuan BLT apalagi pegawai negeri sipil

“Yang mendapatkan bantuan ini jumlahnya 140 kepala keluarga semua ini adalah warga desa Maniala yang benar–benar terdampak covid-19, ini penyaluran tahap I masing- masing menerima 600 ribu Insya Allah mereka ini akan menerima kembali bulan depan dengan angka yang sama,”jelas kepala Desa Maniala Isro.

Tambahnya, moment penyaluran BLT ini sekaligus mensosialisasikan kepada warga desa  betapa bahayanya Covid-19, sosialisasi ini disampaikan oleh Camat  kecamatan Tiloan Jusfri S Lamadang. Diharapkan warga dapat mengerti dan memahami penularan dan pencegahannya covid-19 oleh itu warga diminta untuk mematuhi protokol satuan gugus tugas Covid-19 yakni dengan membatasi aktifitas, menjaga jarak, tetap dirumah, mengunakan masker dan tidak berkumpul-kumpul dalam situasi sekarang ini pemerintah kabupaten Buol sedang menerapkan pembatasan sosial berskala besar ( PSBB).

Kepala desa meminta kepada seluruh warganya untuk beraktifitas seperti biasa sesuai profesi masing-masing baik itu petani dan pedagang namun tetap mewasdapai dan selalu menjaga pola hidup sehat, menjaga jarak, menggunakan masker, tidak keluar rumah jika tidak penting agar terhindar dari penularan corona virus desease 2019. (Bambang Joko Sugito)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *