January 30, 2023

Polres Buol Amankan 13 Pelaku Pengeroyokan Tim Satgas Covid-19

Jurnalmetropol.com, Buol – Polres Buol resmi menahan pelaku penganiayaan terhadap tim Satuan Gugus Tugas (Satgas) Covid-19 Desa Lipubogu kecamatan Gadung Kabupaten Buol. 13 orang pelaku penganiayaan tim Satgas Covid-19 ditahan Polres setelah melalui proses pemeriksaaan pasca kejadian 24 Mei 2020. Kini 13 pelaku penganiayaan itu ditetapkan sebagai tersangka.

Sebelumnya tim penyidik Polres Buol memeriksa 20 orang yang diduga pelaku namun setelah melalui pemeriksaan lebih dalam 8 orang lainya dinyatakan oleh polisi tidak memenuhi unsur penganiayaan dan 8 orang tersebut dipulangkan.

Kapolres Buol AKBP Wawan Sunarwirawan. SI.P .MT dalam jumpa pers di Makopolres Buol jalan Bhayangkara No 9 kelurahan leok II mengatakan, pasca peristiwa penganiayaan petugas Satgas Covid-19 Minggu (24/5/2020) di kecamatan Gadung, polisi langsung melakukan penangkapan terhadap 20 orang terduga pelaku, kemudian membawa ke polres Buol untuk dilakukan pemeriksaan. Setelah diperiksa secara marathon 8 orang tidak memenuhi unsur dan dipulangkan sedangkan  12 orang dinyatakan memenuhi unsur penganiayaan ditambah satu orang tersangka lainya sehingga 13 orang. Semuanya dilanjut menjalani proses hukum.

Menurut Kapolres Buol 13 pelaku penganiayaan ini diancam dengan pasal 170 KUHPidana tentang penganiayaan dengan ancaman 7 tahun penjara.

“Kronologisnya setelah Sholat Idul Fitri di Masjid Al-Hikmat Desa Lipubogu kecamatan Gadung, Tim Satgas Covid-19 Kecamatan dan Desa Mendatangi lokasi, Kepala Desa mengingatkan untuk mematuhi protokal kesehatan namun ada pihak yang memprovokasi sehingga terjadi pemukulan terhadap Kepala Desa. Polisi setelah kejadian langsung melakukan tindakan penegakan hukum pengamanan terhadap korban dan pelaku. 20 orang yang diduga pelaku diperiksa dan 12 orang telah memenuhi unsur penganiayaan sedang yang delapan orang dipulangkan di susul pemeriksaan satu orang lagi dan memenuhi unsur jadi 13 orang. Tersangka di kenakan pasal 170 dengan ancaman tujuh tahun penjara,”jelas Kapolres Buol didampingi Kasat Reskrim Iptu.Heru.S.

Untuk sementara, tambah Kapolres Buol satu korban sementara menjalani perawatan oleh tim medis dan tiga lainya menjalani perawatan jalan.

(Bambang Joko Sugito)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *