December 2, 2022

Warga Belum Dapat BLT, DPRD Buol : Pemda Harus Perhatikan

Anggota DPRD Buol dari fraksi PKB, Ahmad A. Koloi

Jurnalmetropol.com, Buol – Di Kota maupun Desa penyaluran Bantuan Tunai Langsung (BLT) 600 ribu menjadi trending topik, disebabkan sebagaian warga terdampak wabah Covid-19 masih ada yang belum menerima bantuan.

Seperti keluarga Syamsudin Lamaka  yang tinggal di Dusun Padong RT 10 Di kelurahan Laok II kecamatan Biau mempunyai empat orang anak tiga diantaranya masih usia sekolah, untuk sementara pekerjaan sebagai tukang batu sudah terhenti akibat Covid-19 sejak dua bulan terakhir. Keluarga kategori layak menerima bantuan sampai saat ini, Kamis (29/5/20) belum mendapatkan bantuan BLT.

Istri Syamsudin Lamaka atau Nyonya Udi (46) pangilan akrabnya saat ditanya wartawan mengaku dirinya tidak pernah tersentuh bantuan dari pemerintah apapun bentuknya dari dulu sampai sekarang, mendengar akan mendapat bantuan BLT sebesar 600 ribu dirinya berharap akan mendapatkanya namun BLT yang di harapkan sampai sekarang tak kunjung tiba.

“Sampai sekarang belum ada, kamai kodooyo (bahasa daerah) artinya (entah bagaimana),”singkatnya. Dirinnya mengeluhkan sebelumnya sudah ada pemberitahuan dari pihak Rukun Tetangga setempat untuk datang ke kantor kelurahan dengan membawa kartu tanda Penduduk dan kartu keluarga namun sesampainya dikantor kelurahan namanya tidak tertera dalam daftar penerima. mendengar ada pembagian BLT di Mapolsek Biau setelah dirinya dan tetanggannya mendatangi juga tidak mendapatkan BLT, Dirinya berharap kepada wartawan untuk dapat membantu perjuangannya untuk mendapatkan BLT agar dapat meringankan beban kebutuhannya sehari-hari.

Menyikapi hal tersebut anggota DPRD Buol dari fraksi PKB Ahmad A. Koloi saat dikonfirmasi wartawan melalui sambungan Phone seluler, Kamis (28/5/2020), meminta pemerintah daerah memperhatikan masyarakat yang belum mendapatkan sentuhan bantuan BLT maupun bagi warga yang belum terdata oleh petugas akbibat dampak Covid-19.

Menurutnya mantan wakil ketua I DPRD Buol periode 2014-2019 jika terdapat warga belum terdata sebagai penerima BLT APBN dapat dimasukan BLT di APBD II  agar warga yang benar –benar layak  mendapatkan bantuan BLT.

“Jika terdapat warga yang layak menerima bantuan namun belum mendapatkan atau belum terdata  saya atas nama Fraksi PKB di DPRD meminta pemerintah daerah memperhatikan agar kiranya diberikan bantuan melalui APBD II karena ada dana cadangan yang sudah disiapkan dan sudah disepakati antara TAPD dan DPRD tinggal Bupati melaporkan saja ke DPRD yang menyangkut penggunaannya dan DPRD akan masukan dalam perubahan APBD tetapi harus by name by address “ungkap sosok dua periode pilihan rakyat dapil I. (Bambang Joko Sugito)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *