Mon. Jul 6th, 2020

Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19 Kabupaten Buol

Saat video konferensi para guru dan narasumber dalam peningkatan SDM Disdikbud kabupaten Buol

Jurnalmetropol.com – Nasib pendidikan di kabupaten Buol di tengah pandemi Corona Virus disease 2019 (Covid-19). dalam jaringan (daring) dan di luar jaringan (luar jaringan) solusi tepat. aktifitas belajar mengajar tetap berjalan dan upaya pemutusan mata rantai penularan covid -19 juga tercapai.

Bagaimana aktifitas pendidikan di kabupaten Buol apakah daring dan luring dilaksanakan dan bagaimana dengan para guru menjalankan aktifitas pendidikan.

Menjawab pertanyaan ini Kepala Dinas Pendiddikan dan Kebudayaan Kabupaten Buol Kasim Rauf saat dihubungi wartawan, Rabu (10/6/20) menjelaskan dalam pemenuhan hak pendidikan negara terhadap warga pendidikan di tengah berlangsungnya pandemi Covid-19 tetap terpenuhi.

Walaupun proses belajar mengajar dirumah untuk Tk paud SD dan SMP  perpanjang sampai dengan akhir tahun pelajaran 2019 – 2020.

Menurut Kepala Dinas, walaupun Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB) hanya sebatas tahap II namun tetap masih dalam situasi pandemi.

Menurutnya, khusus dunia pendidikan di kabupaten Buol tahun ajaran baru 2020 – 2021 akan mulai di minggu kedua bulan Juli  2020 namun masih melihat kondisi pandemi covid-19.

Tentang penilaian peserta didik pihak disdikbud telah mengedarkan surat edaran mengacu kepada peraturan  sekretaris direktur jenderal  kementrian pendidikan dan kebubayaan   No.5 tahun 2020.

Dilakukan Belajar di rumah melalui daring dan luring dan bagi daerah yang tidak dapat mengakses dilakukan menggunakan modul yang dibuat oleh guru masing-masing bidang studi dan selanjutnya diserahkan ke  peserta didik.

Selama pandemi berlangsung pihak dinas menurut Kasim Rauf , pihaknya melakukan pelatihan peningkatan profesional para guru melalui  video konferensi tersambung dengan narasumber nasional dan dari LPMP serta   narasumber dari  Universitas Tadulako.

“Pelayanan pemenuhan hak pendidikan terhadap peserta didik tetap dipenuhi meskipun dalam situasi pandemi baik melalui daring dan luring, bagi wilayah yang tidak dapat mengakses para guru menyiapkan modul yang kemudian di antar kerumah rumah siswa hal ini dilakukan walaupun dalam situasi pandemi hak pendidikan terhadap peserta didik tetap terpenuhi. begitu juga para guru dan kepala sekolah juga di berikan peluang mengikuti pelatihan dalam rangka peningkatan sumber daya manusia peningkatan profesionalis mengarah peningkatan kwalitas mutu pendidikan,” jelas kepala dinas pendidikan dan kebudayaan kabupaten Buol Drs. Kasim Rauf.  (Bambang Joko Sugito)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *