Mon. Jul 6th, 2020

175 Pasis Dikreg Seskoal Angkatan Ke-58 Ikuti Diskusi Panel Bidang Iptek

Jurnalmetropol.com — Sebanyak 175 Perwira Siswa (Pasis) Pendidikan Reguler (Dikreg) Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Seskoal) Angkatan ke-58 TA. 2020 mengikuti Diskusi Panel Bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) yang berlangsung di Ruang Amphiteater Gedung Samadikun Seskoal, Cipulir, Jakarta Selatan, Jumat (26/6).

Kegiatan tersebut dibuka Wakil Komandan Seskoal Laksamana Pertama TNI Imam Musani, S.E., M.Si., mewakili Komandan Seskoal Laksamana Muda TNI Dr.Iwan Isnurwanto, S.H., M.A.P., M.Tr(Han)., dihadiri Sekretaris Lembaga (Seklem) Seskoal Kolonel Laut (P) Apriyani S.H., M.M., M.Si., CHRMP., para Pejabat Utama Seskoal dan para Dosen serta Patun Seskoal.

Pada Diskusi Panel Bidang Iptek kali ini mengambil tema “Pemanfaatan Teknologi Informasi Maritim Dalam Mendukung Tugas TNI Angkatan Laut”, dengan menghadirkan dua panelis yaitu panelis pertama Direktur Layanan Aplikasi Informatika Pemerintahan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI Bambang Dwi Anggono., S.Sos., M.Eng., CEH., dengan materi “Pemerintahan dan Militer di Era Revolusi Industri 4.0” dan Panelis Kedua Wakil Kepala Pusat Informasi Maritim TNI Kolonel Laut (P) Arif Badrudin, M.Mgt.Stud, membahas materi “Peran Pusinfomar TNI Dalam Membangun Maritime Domain Awareness”. Dalam Diskusi Panel tersebut selaku moderator Mayor Laut (E) Feriyatna Purba, S.T., didampingi Notulis Mayor Laut (E) Budi Nandio, S.T.

Komandan Seskoal dalam sambutannya yang dibacakan Wadan Seskoal, mengatakan bahwa pelaksanaan Diskusi Panel Bidang Iptek kali ini merupakan salah satu kegiatan dalam kalender pendidikan Pasis Dikreg Seskoal Angkatan ke-58 dan dilaksanakan secara tatap muka dengan tetap memperhatikan standard protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19.

Selanjutnya, Komandan Seskoal menyampaikan dengan tema yang diambil dalam Diskusi Panel Bidang Iptek ini dimaksudkan untuk memberikan wawasan dan pemahaman kepada Pasis tentang pemanfaatan teknologi informasi terutama yang menyangkut dengan bidang maritim agar para Pasis lebih mendalami dan menguasai materi bidang studi iptek utamanya teknologi informasi kemaritiman yang telah diajarkan selama ini serta mampu memahami dan menganalisa kebijakan serta perkembangan teknologi informasi maritim saat ini termasuk penerapannya dalam mendukung tugas TNI Angkatan Laut.

Lebih lanjut disampaikan bahwa dengan dilaksanakannya Diskusi Panel Bidang Iptek ini diharapkan Pasis dapat mempelajari apa saja yang menjadi permasalahan sekaligus tuntutan bagi tugas TNI Angkatan Laut kedepan, khususnya dengan pelaksanaan gelar operasi dalam rangka menjaga kedaulatan di wilayah laut Yurisdiksi Nasional yang membutuhkan aplikasi teknologi informasi dimana hal ini juga dalam rangka mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia yang dijabarkan ke dalam Lima Pilar Utama salah satunya membangun kekuatan pertahanan maritim. (Red)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *