Wed. Jul 8th, 2020

Karyawan Dirumahkan, PT HIP Buol Didemo Ormas L-Peka

L-Peka Buol gelar aksi di depan kantor DPRD Buol, tuntut PT.HIP Bayarkan gaji Karyawan dan tuntut kejelasan kerja kembali 960 karyawan

Jurnalmetropol.com, Buol – Kembali PT Hardaya Inti Plantations (PT HIP) Buol didemo. sebelumnya perusahaan milik Hartati Murdaya ini didemo oleh karyawan dan petani akibat dirumahkan 960 karyawan dan pembelian Tandan Buah Segar (TBS) dianggap terlalu murah.

Tapi kali ini  PT.HIP didemo oleh kelompok warga yang mengatasnamakan lembaga pembebasan ekonomi kerakyatan kabupaten, Senin (29/06/2020).

Kelompok ini melakukan mimbar bebas dengan melakukan konvoi dengan kendaraan roda dua  dan roda empat. Konvoi ormas singkatan L-Peka ini berorasi menyampaikan pendapatnya sampai berakhir di depan kantor DPRD Buol. issu yang disuarakan oleh ormas L-Peka ini menyoroti terkait ketenagakerjaan  dan manejemen PT.HIP.

Diantaranya terkait perumahan karyawan PT.HIP sebanyak 960 orang. ketidak pastian tekait pemberian pekerjaan kembali setelah dirumahkan, tidak dibayarkan gaji kepada karyawan,tidak dibayarkan iuran BPJS ketenagakerjaan.

Menurut orator aksi Hardi Efendi dan Faizal Matoka saat orasi di depan gedung DPRD, PT.HIP banyak melakukan kesalahan penindasan kepada karyawan.

“Perumahan karyawan tidak ada hubunganya dengan covid-19. oleh itu kami akan lakukan penyitaan terhadap kendaraan dan aset PT HIP bukan untuk kami miliki tetapi sebagai jaminan terhadap gaji karyawan yang belum.dibayarkan,”ungkapnya.

Selesai orasi di depan kantor DPRD Buol puluhan massa aksi iru bergerak menuju ke Desa negeri lama kecamatan Bokat membuat pos penjagaan dilanjutkan penahanan kepada kendaraan PT HIP untuk tidak melanjutkan aktifitas pengiriman CPO dan aktifitas lain menuju kota Buol.

Hingga sore hari sekitar pkl 18,00 wita aksi pencegatan kendaraan masih berlangsung. Nampak pengamanan dari kepolisian polres melakukan pengamanan, sejauh kondisi keamanan terkait aksi unjuk rasa berlangsung aman kondusif.

Kapolres Buol AKBP. Wawan Sunarwirawan.SIP.MT menemui aksi massa di lokasi pos pencegatan kendaraan Milik PT.HIP di Desa negeri lama dengan memberikan pengarahan terkait pengamanan aksi dan meminta massa aksi tetap menjaga keamanan.”Kami mengingatkan agar tetap menjaga keamanan tidak melakukan aksi anarkis,”ungkap Kapolres Buol.

Pantauan jurnalmetropol dilapangan hingga pkl 18.00 pihak PT.HIP tidak nampak menemui massa aksi.  (Bambang Joko Sugito)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *