Tue. Aug 4th, 2020

Tahapan Pilkada Serentak 2020, KPU Buol Gelar Kesiapan Coklit

Ketua KPUD Alamsyah. SE. Bersama Anggota KPU Sudirman Daud SP.MSI, melakukan Kunjungan Coklit di Bawaslu Kabupaten Buol

Jurnalmetropol.com, Buol – Komisi Pemilihan Umum Daerah Kabupaten Buol, PPK, PPS dan PPDP melaksanakan Apel gabungan bersama KPU RI secara serentak melalui video conference, Sabtu (18/07/2020), dalam rangka kelanjutan tahapan Pilkada serentak seluruh Indonesia 9 Desember 2020 mendatang.

Apel melalui daring KPUD Buol dilaksanakan di kantor KPUD Jl. Ahmad Yani kelurahan leok I. Buol. semua penyelengara pemilu dan perangkat di 11 kecamatan turut serta dalam apel ini.  Apel daring ini sekaligus pengaktifan kembali tugas- tugas perangkat penyelenggara pilkada selama tiga bulan lalu dinonaktifkan akibat dampak pandemi Covid-19.

Selesai mengikuti apel KPUD Buol melanjutkan kegiatan tahapan yakni melakukan kesiapan pencocokan dan penelitian ( Coklit) secara Serentak di 11 Kecamatan.

Pelaksanaan Apel kesiapan Coklit (Pencocokan dan Penelitian) serentak yang dilaksanakan secara daring tersebut, dipimpin langsung Ketua KPU Republik Indonesia Arief Budiman yang bertindak sebagai pembina Apel.

Dalam sambutannya, Ketua KPU RI Arief Budiman, menyampaikan, dalam menjalankan tugasnya PPDP (Petugas Pemutakhiran Data Pemilih) harus melaksanakan coklit sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan. Arief juga berpesan kepada seluruh penyelenggara Pemilu agar dalam menjalankan tugas di tengah masa Pandemi, setiap penyelenggara harus tetap menjaga kesehatan dan seselamatan.

Setelah melaksanakan apel kesiapan Coklit, seluruh PPDP di Kabupaten Buol bergerak untuk mengunjungi rumah-rumah Pemilih yang datanya akan dicocokkan.

Menurut ketua KPUD Kabupaten Buol saat ditemui wartawan selesai apel gabungan mengungkapkan apel gabungan ini selain mendengarkan pengarahan dari KPU RI sekaligus perintah di mulainya kegiatan tahapan Pilkada serentak 2020. di tahapan yang ditunda selama tiga bulan sebelumnya akibat pandemi Covid-19 yakni pada tahapan Coklit.

“Secara serentak, seluruh PPDP di Kabupaten Buol melaksanakan Coklit dari rumah ke rumah, untuk melakukan Pencocokan dan penelitian terhadap data Pemilih,”ungkap ketua KPUD Kabupaten Buol Alamsyah. SE.

Mantan wartawan regional sulawesi itu menambahkan jumlah perangkat penyelengara pemilu di kabupaten Buol yang bertugas melakukan Coklit adalah 298 orang PPDP, 55 PPK dan 345 PPS. (Bambang Joko Sugito)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *