Tue. Aug 4th, 2020

Menteri Kelautan dan Perikanan RI Beri Kuliah Umum di Seskoal

Jurnalmetropol.com — Menteri Kelautan dan Perikanan RI Dr. Edhy Prabowo, S.E., M.M., M.B.A., memberikan kuliah umum kepada Perwira Siswa (Pasis) Pendidikan Reguler (Dikreg) Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Seskoal) Angkatan ke-58 dan Pasis Kursus Manajemen Strategik (Susjemenstra) TNI AL Angkatan ke-15 TA. 2020 di Amphitheater Gedung Samadikun Seskoal, Cipulir, Jakarta Selatan, Senin (27/7).

Menteri Kelautan dan Perikanan RI Dr. Edhy Prabowo, S.E., M.M., M.B.A., yang didampingi oleh Direktur Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan TB.Haeru Rahayu, Direktur Pemantauan dan Operasi Armada Ditjen PSDKP Pung Nugroho, Direktur Pendayagunaan Pesisir dan Pulau-pulau Kecil Ditjen Pengelolaan Ruang Laut Muhammad Yusuf, Kepala Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan Prof. Sjarief Widjaja dan para Staf Khusus Menteri Kelautan dan Perikanan RI, disambut oleh Komandan Seskoal Laksamana Muda TNI Dr. Iwan Isnurwanto, S.H., M.A.P., M.Tr (Han) beserta Wadan Seskoal Laksamana Pertama TNI Imam Musani, S.E., M.Si., Seklem Seskoal Kolonel Laut (P) Apriyani, S.H., M.M., M.Si (Han)., CHRMP., Koordos Seskoal Kolonel Laut (KH) Dr. Sudardi, S.H., M.H., Kapusjianmar Seskoal Kolonel Laut (P) Suharto, S.H., M.Si., dan para Pejabat Utama Seskoal lainnya, selanjutnya melaksanakan foto bersama di Plaza Dharma Wiratama, kemudian rombongan meninjau kolam bioflok yang berlokasi di belakang Mess Bintara Tamtama Usman Harun.

Untuk diketahui bersama, Seskoal dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI telah mempunyai ikatan yang kuat, KKP dalam pendidikan Seskoal telah ikut menyiapkan generasi penerus calon pemimpin masa depan, KKP secara berkelanjutan memberikan pencerahan tentang tugas pokok dan fungsinya yang berkaitan dengan pendidikan di Seskoal ini dan peran KKP dalam pembinaan masyarakat desa pesisir.

Selain itu, dalam rangka ketahanan pangan khususnya, pada tahun 2017 KKP telah mendukung Seskoal untuk membangun kolam bioflok serta pendukungnya yang sangat berguna khususnya saat ini dalam menghadapi masa Pandemi Covid-19. Pada 24 kolam bioflok yang dimiliki Seskoal saat ini berisikan ikan lele,nila, patin, mujair dan gurame yang pengelolaan dan perawatannya dikerjakan oleh masing-masing Satuan Kerja (Satker) Seskoal.

Menteri Kelautan dan Perikanan RI Dr. Edhy Prabowo, S.E., M.M., M.B.A., berkesempatan menebarkan benih ikan patin sebanyak 500 ekor benih ikan patin dengan ukuran 10 cm.

Usai meninjau dan menebarkan benih ikan patin di kolam bioflok Seskoal, Menteri Kelautan dan Perikanan RI Dr. Edhy Prabowo, S.E., M.M., M.B.A., kemudian memberikan Kuliah Umum dengan tema “Peran Kementerian Kelautan dan Perikanan RI dalam Mendukung Pembinaan Desa Pesisir Guna Menjaga dan Meningkatkan Potensi Maritim Indonesia”.

Dalam kuliah umumnya, Menteri Kelautan dan Perikanan RI Dr. Edhy Prabowo, S.E., M.M., M.B.A., menjelaskan materi sesuai dengan arahan Presiden RI untuk memperbaiki komunikasi dengan nelayan dan Perikanan budidaya dioptimalkan dan diperkuat lagi, serta kebijakan sektor kelautan dan perikanan untuk penyerapan lapangan pekerjaan dan peningkatan devisa.

“Kolam Bioflok Seskoal sangat bagus, sangat terawat dan ini dapat dijadikan contoh yang baik. Yang terpenting, untuk para Perwira Siswa Seskoal setelah selesai pendidikan dari sini dapat mengaplikasikan ini ke daerah-daerah, ke tengah masyarakat tempat dimana nanti para Perwira ditugaskan. Mudah-mudahan bukan cuma ikan air tawar, tapi juga budidaya ikan laut,” pungkas Menteri Kelautan dan Perikanan RI Dr. Edhy Prabowo, S.E., M.M., M.B.A.

Menteri Kelautan dan Perikanan RI Dr. Edhy Prabowo, S.E., M.M., M.B.A., menambahkan bahwa selama ini TNI AL menjaga wilayah kelautan RI demi pertahanan, kewajiban berdasarkan doktrin, konstitusi, Sapta Marga dan Sumpah Prajurit, maka dari itu Menteri Kelautan dan Perikanan RI Dr. Edhy Prabowo, S.E., M.M., M.B.A., ingin mengajak TNI Angkatan Laut untuk berperan dalam bidang ekonominya yaitu menjadi komponen pertahanan dengan membangun ekonomi Negara RI.

Selain memberikan Kuliah Umum, Menteri Kelautan dan Perikanan RI Dr. Edhy Prabowo, S.E., M.M., M.B.A., juga menyerahkan bantuan sebanyak 600 kilogram ikan layang dan 900 pack produk olahan ikan seperti siomay, nugget dan bakso ikan. Selain itu KKP juga akan membantu Seskoal untuk membangun lagi 24 unit kolam bioflok dalam waktu dekat. Setelah Kuliah Umum, para Pasis diberikan kesempatan untuk diskusi dan tanya jawab, diakhiri dengan tukar menukar cinderamata dan penulisan buku tamu. (Red)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *