October 2, 2022

UMKM Program Banpres 2,4 Juta Di Kec Kaliwates Membludak

Camat Kaliwates, Asrah Joyo Widono memastikan Penerimaan berkas sesuai protokol kesehatan Covid-19

Jurnalmetropol.com, Jember – Kantor Kecamatan Kaliwates hari ini, Senin (31/8) nampak ramai dipadati warga. Ternyata, mereka yang datang adalah pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang sedang mendaftar untuk ikut program Bantuan Presiden (Banpres) Jokowi 2,4 juta rupiah.

Camat Kaliwates, Asrah Joyo Widono, saat dikonfirmasi wartawan mengatakan, memang benar ada pendaftaran UMKM di kantornya. “Awalnya, pendaftaran ini diterimakan ke Dinas Koperasi Kabupaten Jember. “Ini menindaklanjuti usulan data umkm program Presiden Jokowi,”ucap Camat Kaliwates.

Sebelumnya dikumpulkan di Dinas Koperasi, atas usulan Bupati agar tidak terjadi penumpukan maka diarahkan ke Kantor Kecamatan masing-masing. Berdasarkan surat dari Sekretaris Daerah, pihak kecamatan menerima berkas, menverifikasi dan memasukkan data pemohon. Selanjutnya, berkas dan rekapitulasi akan diserahkan ke Dinkop.

Menurut Asrah ada persyaratan bagi pelaku UMKM untuk ikut program ini. Pertama, memiliki e-KTP, Surat Keterangan Usaha dari kelurahan, mengisi surat pernyataan (form bisa didownload), dan foto tempat usaha.

Karena saat ini masih masa pandemi covid19, Kantor Kecamatan Kaliwates menggunakan sistem nomer antrian. “Pemohon wajib menggunakan masker,”tegas ketua Persatuan Perawat Nasional Indonesia Cabang Jember itu.

Ia bahkan menyuruh warga pulang mengambil masker ketika datang tidak memakainya. Demikianpun tempat duduk diatur jaraknya agak jauh satu dengan yang lain.

Program Banpres dari Jokowi telah dibuka sejak 12 Juli 2020. Bantuan modal kerja bagi pelaku UMKM sebesar 2,4 juta rupiah langsung. Pendaftaran ditutup hari ini, 31 Agustus 2020. (Sigit)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *