Sun. Oct 25th, 2020

Patuhi Bawaslu, Plt Bupati Jember: Tutup Foto Wajah Petahana Di Fasilitas Publik

Plt Bupati Jember menyaksikan penutupan foto wajah petahana di ambulance desa, Sabtu (03/10)

Jurnalmetropol.com, Jember – Plt Bupati Jember, Drs KH Abdul Muqit Arief menyampaikan bahwa mari kita berpedoman pada peraturan perundangan yang ada. Setelah mendapat penjelasan secara rijit dari Bawaslu Kabupaten Jember terkait gambar wajah Faida (petahana) yang terpampang di seluruh ambulance desa, secara bertahap ditutup dengan logo Pemkab, Sabtu (03/10).

Kyai Muqit lanjut mengatakan, hari ini kita ada 30 ambulance yang kita hadirkan karena mobil ambulance ini tidak sama seperti fasilitas angkutan yang lain, kalau kita tarik bersama kuatir dibutuhkan oleh masyarakat, jadi bertahap dua tiga hari ke depan”. Gambar wajah Faida yang terpampang di mobil kesehatan (ambulance) desa dianggap sebagai Alat Peraga Kampanye (APK) pada masa kampanye saat ini.

Gambar wajah pasangan Bupati dan Wakil Bupati Jember (Faida-Muqit) menjadi polemik sejak dr Hj Faida, MMR, menyatakan maju ke pilkada untuk kembali menjadi Bupati Jember kedua kalinya.

Plt Bupati Jember mengambil langkah bijak dengan payung hukum dari Bawaslu menutupi wajah Faida dengan logo Pemkab Jember, sembari berkata agar semua pihak menahan diri.

Sementara itu, Andika Sahputra salah seorang Komisioner Bawaslu mengatakan, Plt Bupati Jember sangat responsif terhadap penertiban alat peraga kampanye (APK) ini. Penertiban gambar calon petahana mulai secara masif dilakukan oleh Bawaslu. “Hari ini masih didatangkan tiga puluh unit,”ujar Andika.

Tetapi Bawaslu berharap agar seluruhnya (ambulance desa) bisa dilakukan hal yang sama. Pihak Pemkab berjanji akan menyelesaikannya hingga besok lusa.

Pengawasan oleh Bawaslu tidak hanya pada seputar ambulance desa saja tetapi hal lain seperti tempat pelayanan publik yang terpampang gambar Faida (petahana) akan segera ditertibkan. “Kami tetap melakukan pengawasan tidak hanya ambulance ini saja di beberapa kecamatan dinas maupun sekolah yang ada gambar petahana harus segera ditertibkan,”imbuh Andika. (Sigit)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *