December 2, 2022

Pengusaha UMKM Tetap Punya Peluang Tumbuh di Masa Pandemi Covid-19

Jurnalmetropol.com : Indonesia – Di musim Covid-19, UMKM (Usaha Mikro, Kecil & Menengah) merupakan pihak yang paling merasakan dampak pandemi. Di periode sulit ini, banyak UMKM yang terpaksa melakukan penutupan usaha, akibat sepinya permintaan pasar, dan terganggunya rantai pasok produksi. Meski demikian, tidak semua pengusaha UMKM mengalami keterpurukan. Ada sekitar 13% UMKM di wilayah yang terdampak pandemi, menyatakan kondisi mereka bahkan lebih baik dibandingkan sebelum covid-19 karena berhasil menangkap peluang.

 

“ Pada dasarnya, dalam setiap kesulitan, selalu ada peluang. Asal pandai-pandai membaca situasi,” demikian Ana Mustamin, Ketua Departemen Komunikasi & Pengembangan Bisnis ASPRINDO (Asosiasi Pengusaha Bumiputera Nusantara Indonesia), saat menjadi narasumber dalam webinar bertajuk “ Integrasi Industri Perasuransian dengan UMKM di Masa dan Pasca Pandemi Covid-19 ” yang diselenggarakan atas kerjasama Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) dengan ASPRINDO, pada 27 Oktober lalu. 

 

Webinar yang menghadirkan Ketua Umum ASPRINDO Jose Rizal, dan Ketua AAUI HSM  Widodo sebagai Keynote Speaker ini; menampilkan narasumber Ana Mustamin (ASPRINDO), Fankar Umran (Direktur Utama BRI Insurance), dan Benny Woworuntu (Wakil Ketua AAUI untuk Bidang Kerjasama Antar Anggota & Lembaga).

 

Menurut Ana, peluang-peluang di tengah pandemi ini relatif terbuka.” Di masa new normal ini kita bisa melihat bagaimana pemanfaatan teknologi digital yang demikian masif. Yang tadinya tidak mengenal teknologi, sekarang dipaksa. Dan akhirnya pengusaha UMKM bahkan bisa menembus batas geografis dalam memasarkan produknya,” ujarnya. Atau bahkan melihat peluang lainnya yang justru sebelum masa pandemi tidak terpikirkan. Di luar itu, Ana menyebut juga adanya peluang yang diciptakan UU Cipta Kerja. “ Ada penyederhanaan ijin bagi pelaku usaha UMKM dan Koperasi. Kini UMKM tidak dibebani dengan ketentuan Upah Minimum Regional bagi pekerjanya.”

 

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *