Wed. Dec 2nd, 2020

Inaportnet Diberlakukan Pelabuhan Marunda Akhir 2020

Kepala KSOP Kelas IV Marunda, Iwan Soemantri

Jurnalmetropol.com – Untuk meningkatkan pelayanan kepelabuhanan yang lebih efektif, pihak Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Marunda telah lakukan sosialisasi Sistem Inaportnet kepada para pelaku usaha dan pengguna jasa kepelabuhanan.

Sosialisasi terlaksana sejak tanggal 4-5 November 2020 tersebut dan dibuka oleh Kepala KSOP Kelas IV Marunda, Iwan Soemantri, bertempat di Kantor Balai Kesehatan Kerja Pelayaran (BKKP) Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Inaportnet sendiri adalah sistem/program dari Kemenhub Cq. Ditjen Hubla untuk pelayanan pelayaran dan segala jenis usaha kepelabuhanan, yang berbasis teknologi dan digitalisasi administrasi.

Dari data yang diterima Jurnalmwtropol.com, pada Senin (9/11/2020), kata KSOP Marunda Kelas IV, Iwan Soemantri, menjelaskan bahwa penerapan Sistem Inaportnet sudah lama berjalan khususnya di Pelabuhan Utama. Untuk di Kantor KSOP Kelas IV Marunda sendiri, sosialisasi telah dilaksanakan sejak awal tahun 2020.

“Pada awal tahun 2020, kami telah melakukan pelatihan-pelatihan Inaportnet untuk sinkronisasi data. Saat ini, kami melakukan sosialisasi kepada para pengguna jasa,”ungkap Iwan.

Menurutnya, terlaksana sosialisasi terbagi dua sesi. Sesi pertama khusus untuk para pengelola terminal dan BUP yang berkaitan dengan harmonisasi sistem. Tujuannya agar sistem yang dimiliki perusahaan dengan Sistem Inaportnet KSOP Kelas IV Marunda dapat terintegrasi.

Sedangkan sesi kedua, sosialisasi dan pelatihan untuk para pengguna jasa. Karena dalam sosialisasi tersebut para peserta diwajibkan untuk membawa komputer atau laptop, agar peserta langsung bisa uji coba menggunakan Sistem Inaportnet.

Iwan juga mengatakan, ada 4 Kantor KSOP di Jakarta yang melaksanakan program sosialisasi Inaportnet. Diantaranya, KSOP Kelas IV Marunda, KSOP Kelas IV Kepulauan Seribu, KSOP Kelas III Sunda Kelapa dan KSOP Kelas IV Muara Angke.

“Kami berharap dengan adanya sosialisasi Inaportnet ini, loyalitas pelayanan lebih efektif dan efisien serta dapat memangkas waktu dan jarak. Sehingga para pengguna jasa dapat berkerja dari kantor atau dari rumah untuk mengirim dokumen dengan sistem yang sudah terintegrasi. Apalagi kondisi sekarang masa pandemi Covid-19,”jelasnya.

Sedangkan sosialisasi diikuti sekitar 60 perusahaan. Diantaranya 35 perusahaan pelayaran dan perusahaan bongkar muat (PBM) dan selebihnya Badan Usaha Pelabuhan (BUP).

“Mudah mudahan akhir tahun 2020 ini, Kantor KSOP Kelas IV Marunda dapat melaksanakan penerapan Sistem Inaportnet dan segera dilaunching,”imbuhnya.  (Delly M)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *