March 29, 2024

Gelar Pasukan Latihan SAR di Lantamal I Belawan

Jurnalmetropol.com – Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) I Brigjen TNI (Mar) I Made Wahyu Santoso sebagai Pangkogasgabduk memimpin Upacara Gelar Pasukan Latihan Pencarian dan Pertolongan (SAR) di Laut Tahun 2020 di Lapangan Mako Lantamal I Belawan, Kamis (12/11/2020).

Panglima Koarmada I Laksamana Muda TNI Abdul Rasyid K, S.E., M.M., dalam sambutannya yang dibacakan oleh Danlantamal I mengatakan, latihan operasi dukungan pencarian dan penyelamatan ini mengambil tema “Koarmada I Melaksanakan Operasi Dukungan Pencarian dan Penyelamatan (SAR) TA. 2020 di Belawan dan sekitarnya Guna Mendukung Tugas TNI Angkatan Laut”.

Disampaikannya bahwa Latihan tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan dan mengukur tingkat kesiapsiagaan personel dan unsur-unsur SAR TNI Angkatan Laut, khususnya Koarmada I dalam melaksanakan operasi penanggulangan kecelakaan di laut sehingga dapat diperoleh suatu gambaran kemampuan operasional Koarmada I mulai dari tingkat perorangan sampai satuan sehingga tercapai pola pikir dan pola tindak yang sama antar unsur SAR pada pelaksanaan operasi SAR laut.

Dijelaskan juga oleh Pangkoarmada I bahwa, Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI, bahwa tugas SAR merupakan salah satu tugas dari 14 tugas TNI dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP). Oleh karena itu, sebagai salah satu komponen TNI, Koarmada I mempunyai tanggung jawab untuk melaksanakan tugas tersebut sebagai pengejawantahan dari ketentuan perundang-undangan yang ada.

“Tahap pelaksanaan Latihan SAR ini diawali dengan latihan Posko yang dilaksanakan di Mako Lantamal I Belawan dan dilanjutkan dengan latihan manuver lapangan di Perairan Belawan,”ujarnya.

Pelaksanaan latihan ini diikuti oleh 330 personel yang terbagi dalam beberapa satuan tugas antara lain satuan tugas pendukung SAR, satuan tugas pendukung kesehatan, satuan tugas pendukung informasi dan satuan tugas pendukung intelijen.

Pangkoarmada I mengingatkan perlunya tindakan purba jaga yang profesional dan proporsional, guna mencegah terjadinya kecelakaan dan kerugian yang tidak kita inginkan, baik personel maupun materiil. Untuk itu, laksanakan semua prosedur latihan secara cermat dan benar dalam rangka mewujudkan “zero accident”.

Tak lupa Panglima Koarmada I memberi penekanan untuk dijadikan pedoman yakni dalami rencana latihan untuk memahami fungsi dan tugas setiap pelaku guna mencapai keberhasilan latihan, laksanakan setiap tahapan latihan dengan penuh kesungguhan untuk mencapai tingkat kesiagaan yang tinggi dalam melaksanakan pencarian dan penyelamatan di laut, perhatikan keamanan latihan dengan menepati semua prosedur yang telah ditetapkan, dan tetap mentaati protokol kesehatan Covid-19, pertahankan kondisi teknis alat utama agar tetap prima guna mendukung kelancaran dan keberhasilan pelaksanaan setiap serial latihan, serta laksanakan latihan ini dengan sebaik-baiknya agar outputnya dapat dijadikan sebagai bekal penugasan di lapangan bilamana dibutuhkan kita sudah siap.

Hadir dalam acara tersebut, Wadan Lantamal I, Dankolat Armada I, Pejabat Utama dan Para Kasatker Lantamal I, Perwira Staf Latihan dan Pelaku Latihan Pencarian dan Penyelamatan (SAR) di Laut Tahun 2020. (Red)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *