Wed. Dec 2nd, 2020

Hijaukan Pantai Ronggaiwa, Babinsa Bersama Warga Tanam Bibit Mangrove

Jurnalmetropol.com, Waropen – Sebagai bentuk kepedulian dalam melestarikan lingkungan, banyak cara yang bisa dilakukan, salah satunya seperti yang dilakukan Kopral Satu Aca Rukdin Babinsa Koramil 1709-03/Warbah Kodim 1709/Yawa yang bersama-sama masyarakat binaannya menanam bibit pohon Mangrove untuk melestarikan Hutan Mangrove yang ada di Pantai Ronggaiwa Kampung Batu Zaman Distrik Waropen Bawah Kab. Waropen, Rabu (18/11/2020).

“Penanaman bibit mangrove yang berjumlah 500 buah ini, merupakan hasil sawadaya masyarakat dan babinsa yang mencarinya dihutan mangrove lain dan mempersiapkannya terlebih dahulu sebelum penanaman, yang dilakukan dirumah warga yang berada dipesisir pantai,”ungkap Aca Rukdin.

Meskipun kawasan hutan mangrove merupakan kawasan yang sangat penting, namun tak dapat dipungkiri bahwa kawasan hutan yang satu ini juga menghadapi berbagai macam jenis masalah dalam pertumbuhannya.

“Untuk itulah kami bersama warga sekitar berusaha sebaik mungkin untuk kembali melestarikan dan menghijaukan kembali hutan mangrove dipesisir pantai ini,”lanjutnya.

“Melalui Kegiatan penanaman ini, diharapkan dapat memberikan kontribusi yang besar untuk keamanan wilayah pesisir pantai, dengan mengurangi dampak dari terjadinya abrasi, dan juga dapat membawa keanekaragaman hayati dan menjadi sumber kehidupan bagi berbagai macam jenis ikan, kepiting dan hewan lainnya, yang sangat berguna untuk menyokong kehidupan nelayan serta masyarakat yang ada dipesisir pantai ini,”pungkas Koptu Aca.

Stevanus Kandenapa salah satu pemuda yang turut dalam kegiatan tersebut juga menambahkan, “Ya, benar, bahwa yang dilakukannya bersama warga lainnya dan juga babinsa ini, merupakan hasil swadaya masyarakat yang mencari bibit mangrove ini di Pulau Nau, dan hari ini kami lakukan penanaman, agar memulihkan kembali kelestarian mangrove dilokasi ini, Terimakasih Kaka Babinsa yang telah bekerjasama dan membantu kami dalam proses penanaman bibit mangrove ini, Semoga Tuhan Selalu Memberkati segala usaha dan pekerjaan yang kita lakukan hari ini,”tutupnya. (Red)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *