December 6, 2022

Debat Kandidat Pilkada Teluk Bintuni, Petrus Kasihiw Usung Visi Besar

Jurnalmetropol.com, Manokwari – Dialog spesial tvOne menghadirkan debat publik kandidat Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Teluk Bintuni periode 2021-2024, yakni nomor urut 1, Ali Ibrahim Bauw – Yohanis Manibuy dan pasangan calon nomor urut 2, Ir Petrus Kasihiw, MT – Matret Kokop, SH. Debat Kandidat yang disiarkan secara nasional ini menghadirkan jajaran Forkompinda setempat.

“Debat publik Kabupaten Teluk Bintuni dengan mengusung tema “Membangun Bintuni Sejahtera Dalam Harmoni Keberagaman”, kedua pasangan calon (paslon) memaparkan visi dan misi kampanye,”kata Ketua KPU Kabupaten Teluk Bintuni, Herry Arius Salamahu, pada Jumat sore (27/11/2020).

Herry berharap, kedua paslon memaparkan visi dan misi serta dipertajam lagi dengan program kerja masing- masing paslon yang bersaing di Pilkada Teluk Bintuni.

“Inilah yang akan ditanggapi oleh seluruh masyarakat Teluk Bintuni dari pemaparan visi misi ini menjadi gambaran bagi masyarakat Teluk Bintuni untuk menentukan pilihan mereka pada tanggal 9 Desember nanti dan tetap menjaga dengan baik hubungan persaudaraan masyarakat Teluk Bintuni,”kata Herry.

Paslon no 2, Petrus dan Matret  menjabarkan visi besar mereka, yaitu Kabupaten Teluk Bintuni yang damai, maju, produktif dan berdaya saing.

Perwujudannya akan dilaksanakan lewat enam misi, yakni;

Pertama, Membangun sumber daya manusia yang berkualitas terampil dan berdaya saing,

Kedua, Membangun infrastruktur daerah.

Ketiga, Membangun perekonomian daerah berbasis sektor andalan untuk kesejahteraan masyarakat.

Keempat, Mengelola sumber daya alam dan investasi secara berkelanjutan.

Kelima, Mewujudkan tata kelola pemerintahan daerah yang bersih inovatif dan melayani.

Keenam, “Mewujudkan Kabupaten teluk Bintuni yang damai dan harmoni,”papar Petrus.

Petrus mengatakan, implementasinya dilaksanakan dalam sembilan agenda, antara lain, peningkatan akses dan kualitas pendidikan, peningkatan akses dan kualitas kesehatan, pengentasan kemiskinan dan penanganan ketimpangan wilayah, penciptaan lapangan kerja, pengembangan potensi daerah, pengembangan wilayah strategis cepat tumbuh, peningkatan infrastruktur perkotaan, percepatan pembangunan infrastruktur daerah dan infrastruktur sosial budaya serta adat.

“Selanjutnya, penyelenggaraan tata kelola pemerintahan yang bersih inovatif dan melayani, mendorong perusahaan daerah meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD), serta menciptakan harmoni keberagaman adalah pembangunan manusia sejahtera di dunia selamat di akhirat,”kata Petrus.

Adapun Program proritaskan pro rakyat diantaranya; Modal usaha untuk Masyarakat dari 5 M menjadi 10 M dan Paket-Paket Masyarakat akan ditingkatkan dan laen-laen.

Hadir dalam debat kandidat tersebut, dengan moderator Brigita Manohara yang berlangsung di Aula Universitas Papua Manokwari, (UNIPA) Papua Barat, yakni; Plt Bupati Kabupaten Teluk Bintuni, Kapolres Kabupaten Teluk Bintuni, Dandim 1806 Kabupaten Teluk Bintuni, KPU dan Bawaslu Kabupaten Teluk Bintuni serta tamu undangan lainnya. (Red)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *