March 29, 2024

OTG di Rumah Sakit di Support Susu Oleh PPNI Jember

DPD PPNI Jember berikan bantuan susu sehat bagi OTG di RS Baladhika Husada

Jurnalmetropol.com, Jember – Orang tanpa Gejala (OTG) adalah mereka yang tidak bergejala sakit tetapi memiliki risiko tertular dari orang yang terkonfirmasi positif Covid-19. Kategori OTG juga memiliki riwayat kontak erat, baik kontak fisik, berada dalam ruangan atau berkunjung dengan radius 1 meter, dengan pasien Covid-19.

Dewan Pimpinan Daerah Persatuan Perawat Nasional Indonesia (DPD PPNI) Jember sangat peduli pada keselamatan anggota yang ditugaskan merawat pasien covid19.

Ketua DPD PPNI Jember, Asrah Joyo Widono mengatakan bahwa pihaknya memberikan dukungan kepada para anggota (OTG) yang dirawat khusus itu.

“Kami mendistribusikan bantuan suplemen berupa susu sehat kepada para anggota di beberapa rumah sakit yang menjadi tempat isolasi,”ucap Asrah kepada wartawan, Selasa (1/12/2020) saat membagikan di Rumah Sakit Jember Klinik.

PPNI berterimakasih kepada pihak rumah sakit yang telah memberi ruang bagi para OTG tersebut. “Kami berterima kasih kepada menejemen rumah sakit bahwa meskipun OTG tetap diisolasi di rumah sakit karena untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan,”imbuh Asrah.

Isolasi tidak berada di rumah masing-masing sebab sangat berbahaya menular kepada anggota keluarga.

Tim PPNI mendatangi di tiap rumah sakit untuk memberikan susu sehat. Total bantuan diberikan kepada 111 pasien OTG di 10 rumah sakit dan 1 rumah dinas yang dijadikan isolasi mandiri. Setiap orang menerima 10 botol susu sehat sehingga cukup untuk 10 hari ke depan.

Upaya lain, masih kata Asrah, “Kami tetap memberikan motivasi kepada mereka agar menjaga pola hidup sehat dengan menerapkan 3 M”.

Sementara itu, Endang, Kepala Divisi Perawatan Rumah Sakit Jember Klinik mengatakan, berterima kasih kepada PPNI. “Mudah-mudahan ini menjadi penyemangat bagi yang dirawat disini,” kata Endang.

Suplemen ini sangat dibutuhkan untuk proses penyembuhan mereka agar imunnya lebih kuat. Rumah Sakit Jember Klinik memberikan pelayanan terbaik bagi para OTG.

“Selain bisa dipantau maksimal, terapi yang agresif pun diberikan oleh pihak menejemen rumah sakit,”pungkas Endang.

Data di lapangan menyebutkan bahwa para OTG tersebut adalah tenaga kesehatan (perawat) yang tergabung dalam PPNI Jember.

Selama pandemi covid-19 di Jember sudah 80 an perawat yang terkonfirmasi positif. Sementara tidak ada seorang pun yang meninggal dunia akibat covid-19.  (Sigit)

 

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *