Fri. Feb 26th, 2021

Kapolres Jember Beri Atensi Khusus pada Gubuk Pustaka Ndalung di Ajung

Jurnalmetropol.com, Jember – Kapolres Jember AKBP Arif Rachman Arifin, SIK.,MH., meninjau lokasi inspiratif di Dusun Limbungsari Desa Ajung Kecamatan Ajung, Jember. Tempatnya dikenal dengan nama Gubuk Pustaka Ndalung.

Kapolres dan panitia lomba JemberSAE 2021 menyaksikan langsung tempat yang menjadi pemenang video inspiratif di gelombang pertama lomba jurnalistik dan citizen journalism untuk membangun citra Jember.

Kepada awak media Kapolres mengatakan, pemenang lomba kategori video tidak bisa hadir saat penganugerahan hadiah.

“Saya bersama panitia dan juri datang dan melihat langsung pemenang kategori tokoh inspiratif,”ucap AKBP Arif, Jum’at (19/2/2021).

Unggahan Gubuk Ndalung menjadi salah satu pemenang lomba di Gelombang pertama JemberSAE 2021. “Sekecil apapun perbuatan kita upayakan untuk bermanfaat bagi Jember, sehat aman dan eksotis,”kata Kapolres. Istilah JemberSAE kepanjangan dari Jember yang sehat, Jember yang aman, dan Jember yang eksotis.

Kapolres mengajak Muspika setempat untuk mendukung Gubuk Ndalung. “Kedepannya ini sangat baik dampaknya bagi masyarakat,”tandas AKBP Arif. “Tidak hanya para orang tua tetapi anak-anak juga mendapatkan manfaatnya,”imbuhnya.

Kapolres bersama jajaran terkesan dengan kegiatan Gubuk Ndalung. Gubuk berdiri di bawah rindangnya pepohonan bambu terasa sejuk. Sambil menikmati kopi dan jajanan pasar Kapolres bersama tokoh setempat ngobrol santai. Sembari disuguhi aktivitas anak-anak yang bermain egrang.

Tidak itu saja, Kapolres dan rombongan mendengarkan paparan dari pendiri Gubuk Pustaka Ndalung seputar kegiatan di sana. Selain menjadi arena bermain anak ada juga kegiatan ekonomi warga dengan pasar kaget. Setiap sebulan sekali diadakan jual beli makanan diantaranya sayur mayur, jajanan pasar dan jenis lainnya.

Di dalam Gubuk, ada tumpukan buku-buku bacaan dengan berbagai macam jenis. Kebanyakan buku anak, dan yang paling digemari adalah buku bergambar.

Di bagian lain, pendiri Gubuk Ndalung, Abdul Adim mengatakan, dirinya mendirikan tempat tersebut sejak Mei 2018. Alumni IAIN Jember (red, sekarang Universitas Islam Negeri Jember KH Ahmad Sidiq) itu memiliki kepedulian kepada generasi muda khususnya anak-anak.

Abdul Adim mengatakan, “Tujuan saya mendirikan itu pertama agar anak-anak tidak terikat pada handphone seperti game online, video dan gambar-gambar yang tidak pantas”.

Adim melanjutkan, kedua mengajak anak-anak menyukai kembali permainan tradisional seperti, egrang, bedil-bedilan, karambol, dan permainan lainnya. Ketiga, mengajari mereka gemar membaca, menulis dan menggambar.

Pria lulusan Jurusan Pendidikan Agama Islam IAIN lulus tahun 2020 itu juga menjelaskan, selama pandemi kegiatan di Gubuk Pustaka Ndalung dikurangi.

“Akhir-akhir ini kami hanya adakan kegiatan dua minggu sekali. Diakhir bulan diadakan juga pasar kaget,”kata pria lajang itu.

Adim menjelaskan juga, tidak hanya anak kecil yang terlibat dalam kegiatan di sana tapi melibatkan relawan dari mahasiswa. Mereka menjadi tenaga pengajar untuk adik-adik di sekitar Gubuk Pustaka Ndalung. (Sigit)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *