December 9, 2022

16 Pekerja Migran Indonesia asal Jember Dijemput Pemkab

Foto: Penjemputan Pekerja Migran asal Jember di Surabaya

Jurnalmetropol.com – Pemkab Jember lewat Dinas Perhubungan menjemput Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang pulang kembali dari pekerjaan mereka di luar negeri. Mereka dijemput oleh Dishub setelah dinyatakan negatif tes swab di Surabaya, pada Jum’at (30/4/2021).

Informasi yang diperoleh dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Jember menjelaskan mekanisme penjemputan para PMI itu.

Setelah dijemput dari Surabaya PMI mereka diturunkan di 3 titik Posko Kecamatan (Tanggul, Rambipuji dan Kaliwates). Selanjutnya mereka dijemput oleh petugas satgas covid-19 kecamatan masing-masing yang berkoordinasi dengan aparat desa/ kelurahan untuk diantarkan sampai di rumahnya.

PMI asal Jember yang dijemput sebanyak 16 yang mana diturunkan di Posko Tanggul 7 orang, Rambipuji 3 dan Kaliwates 4 orang. Ada 1 orang lagi yang ikut rombongan berasal dari Kecamatan Balung tetapi meneruskan perjalanannya ke Tulungagung ke rumah suami.

Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kadiskominfo), Habib Salim, ketika dihubungi lewat whatsapp membenarkan keterangan tersebut.

Habib Salim mengatakan, “Ya penjemputan oleh Dishub. Pemeriksaan kesehatan telah dilaksanakan di Provinsi (Surabaya).”

Habib sapaan Kadiskominfo itu menambahkan penjelasan, PMI yang kembali dengan tujuan tidak sama, bisa sementara atau tetap.

Habib berharap mereka bisa mandiri dan bekerja di Jember. “Kalau punya modal diharapkan bisa menciptakan usaha-usaha mandiri, akan lebih bagus,”ungkap Habib.

Ia menjelaskan untuk saat ini mereka masih menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing. (Sigit)

 

 

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *