January 30, 2023

Musik Patrol Asli Jember Belum Didaftarkan sebagai WBTB

Foto: Plt Kadisparbud Kabupaten Jember Dhebora Krisnowati saat konferensi pers

Jurnalmetropol.com – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Dinparbud) Kabupaten Jember akan mendapatkan musik Patrol asli Jember sebagai Warisan Budaya Tak Bergerak (WBTB) ke Balai Pelestarian Nilai Budaya Indonesia Hal ini terungkap saat Dinparbud di Kantor Dinparbud, Jember, pada Jum’at (18/6/2021).

Plt. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Dhebora Krisnowati, mengatakan “Ini langkah awal agar musik patrol kita bisa dicatatkan sebagai cagar budaya sebagai warisan budaya tak benda dan langkah-langkahnya adalah dengan webinar ini.”

Sejak Indonesia menjadi Negara Pihak Konvensi 2003 tentang pelindungan warisan budaya takbenda, sesuai pasal 11 dan 12 konvensi 2003 Indonesia diwajibkan untuk mengatur identifikasi dan inventarisasi warisan budaya takbenda Indonesia yang ada di wailayah Republik Indonesia dalam saru atau lebih inventaris yang dimuhtahirkan scara berkala.

Ia juga menghimbau semua elemen masyarakat untuk memiliki kebanggaan terhadap musik patrol, merawat dan menjaga musik patrol, serta mengajak untuk ikut berperan serta dalam mendukung pendaftaran musik patrol sebagai WBTB.

Pencatatan dilakukan oleh bantuan 11 (sebelas) Balai Pelestarian Nilai Budaya yang mempunyai wilayah kerja masing-masing yaitu BPNB Aceh, BPNB Sumatera Barat, BPNB Kepulauan Riau, BPNB Jawa Barat, BPNB Yogyakarta, BPNB Kalimantan Barat, BPNB Bali, BPNB Maluku, BPNB Sulawesi Selatan, BPNB Sulawesi Utara, BPNB Papua.

Rencananya Webinar Musik Patrol Jember ini secara luring akan dilaksanakan hari Selasa 22 Juni 2021 di Wisata Rembangan pukul 09.00 sampai 12.00 WIB.

(Sigit)

 

 

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *